Melihat Fitur Kendaraan Otonom e-Palette untuk Olimpiade Jepang 2020

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

14 October 2019

Melihat Fitur Kendaraan Otonom e-Palette untuk Olimpiade Jepang 2020

momobil.id – Beberapa bulan lalu, Toyota merilis armada penunjang Olimpiade Tokyo 2020. Kini mereka telah merilis detail spesifik tentang salah satu armada mereka yang akan berkontribusi di Olimpiade 2020 Tokyo, yaitu e-Palette. Kendaraan ini merupakan moda transportasi antar-jemput yang menggunakan baterai listrik dengan kemampuan mengemudi otomatis atau mobil otonom guna mendukung kelancaran transportasi jarak pendek.

Dikutip dari Carscoops, Takahiro Muta selaku perwakilan Toyota dan pemimpin pengembang e-Palette mengatakan bahwa pihaknya telah berbincang dengan para atlet terkait kebutuhan mobilitas mereka selama Olimpiade Tokyo 2020 dan pengalaman mobilitas mereka pada Olimiade sebelumnya. Setelah mendengarkan kebutuhan mobilitas para atlet, terutama atlet paralimpiade, Takahiro menyatakan pihaknya kini lebih memahami apa saja yang perlu ditingkatkan pada kendaraan otonom e-Palette demi menunjang mobilitas yang nyaman selama Olimpiade.

Berangkat dari observasi tersebut, Toyota melengkapi fitur dan detail pada moda transportasi otomatis ini dengan menambahkan pintu besar dan jalur listrik yang memungkinkan sekelompok atlet untuk naik dengan cepat dan mudah. Armada ini juga memiliki banyak pegangan tangan, pilihan tempat duduk yang fleksibel, serta ruang untuk empat kursi roda. Pada kapasitas maksimum, dapat menampung hingga dua puluh orang sekaligus.

Selain itu, e-Palette telah dilengkapi dengan sistem penggerak otonom empat level yang menggunakan sistem multi kamera, LiDAR, dan peta 3D dengan tingkat akurasi tinggi. Hal ini memungkinkannya untuk berjalan sendiri tanpa pengemudi dengan kecepatan hingga 12 mph (sekitar 19 km/jam).

Di dalam e-Palette, terdapat pad kontrol operator yang terdiri dari tombol berhenti darurat dan tombol reset. Pad kontrol juga terdapat layar sentuh untuk melihat status kendaraan, menyesuaikan suhu interior, dan mengoperasikan indikator, pintu dan rem parkir.

Meski berjalan tanpa pengemudi, Toyota tetap menyiapkan operator keselamatan di dalam armada yang selalu sigap berjaga-jaga. Diperkirakan, e-Palette mampu menjangkau jarak sekitar 93 mil (sekitar 149 km) dalam kondisi baterai penuh.

Sejauh ini, Toyota baru merilis detail spesifikasi armada Olimpiade hanya untuk e-Palette. Publik masih menanti detail spesifikasi resmi mengenai armada Olimpiade lain yang telah diperkenalkan sebelumnya. Mari kita tunggu saja rilis resmi lainnya!

Sumber gambar: Carscoops

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas