Cara Buat SIM Online Paling Mudah

Ditulis oleh : admin | 3 January 2017

Cara Buat SIM Online Paling Mudah

Apakah SIM Anda sudah mati? Atau malah ingin membuat SIM yang baru? Maka kini Anda tidak perlu lagi repot-repot lagi untuk bolak balik kantor polisi guna membuat SIM sebab kini ada pembuatan SIM online yang menjadi terobosan baru Polri. Membuat SIM secara offline dulunya merepotkan karena kita mesti mengikuti tes ini-itu dan juga banyak sekali berkas dokumen yang harus diurus. Nah, dengan terobosan baru dari Polri ini, Anda tidak akan lagi menemui birokrasi yang merepotkan tersebut sebab hanya lewat online saya, SIM Anda sudah diurus dengan baik. Maka dari itu Anda harus tahu cara buat SIM online dengan langkah yang sangat mudah.

Jika dulu kita buat SIM harus berdasarkan domisili. Maksudnya adalah, kita harus membuat SIM berdasarkan KTP kita tempat tinggal. Jika KTP Anda adalah KTP Pekanbaru, maka Anda harus balik dulu ke Pekanbaru guna mengurus SIM kalau Anda sedang berada di perantauan. Menurut Kapolri Jendral Tito Karnavian saat peluncuran sistem terbaru ini, proses pendaftaran harus menggunakan e-KTP dengan pembayaran melalui ATM atau EDC. Tidak hanya SIM online yang diterapkan oleh Polri, tapi juga sistem tilang online, sehingga jika Anda sedang membawa mobil tidak melengkapi secara surat-surat, Anda akan langsung dikenai tilang secara online melalui e-tilang.

Cara buat SIM online
Source: blogspot.com

Berikut Cara Buat SIM Online yang Mudah & Praktis

  • Pertama Anda harus membuka website http://sim.korlantas.polri.go.id
  • Pilih menu pendaftaran SIM Online.
  • Pilih dan klik jenis permohonan, perpanjangan atau pembuatan SIM baru. Ikuti alur sisa pendaftaran.
  • Setelah pendaftaran sukes, pemohon dapat langsung melakukan pembayaran di ATM, EDC, atau Teller di seluruh lokasi BRI.
  • Datang ke lokasi Satpas/Gerai/SIM keliling yang telah dipilih saat pendaftaran dan jangan lupa bawa surat keterangan sehat dari dokter.
  • Identifikasi dan verifikasi data oleh pihak kepolisian (pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan).
  • Pemohon akan menjalani ujian teori dan pratik. Apabila lulus, SIM baru siap dicetak.

Nah, sangat mudah bukan cara buat SIM online di website milik Polri? Dengan proses yang tidak terlalu panjang, tentu Anda akan semakin dimudahkan dalam memprosesnya. Hal ini bisa Anda lakukan di sela-sela istirahat kantor atau saat sedang santai sejenak. Apalagi dalam mengisinya Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu, cukup 10 menit saja. Yuk buat SIM dengan cara online yuk!

mobil terkait

Rp 135.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 140.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 100.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 135.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 135.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 135.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN


Kembali ke atas