Cara Ganti Ban Mobil Paling Praktis: Terlengkap!

Ditulis oleh : admin | 10 February 2017

Cara Ganti Ban Mobil Paling Praktis: Terlengkap!

Sedang asyik berkendara sambil nyanyi-nyanyi di atas mobil? Atau sedang diam saja menunggu kemacetan agar cepat surut? Pasti sangat nyaman ya sedang di atas mobil bagaimana pun kondisinya. Tapi hati-hati! Ban mobil Anda bisa bocor kapan saja dan tiba-tiba loh! Tentu dengan adanya masalah dengan ban mobil ini akan membuat kita mesti tahu cara mengganti ban mobil dengan ban cadangan yang sudah tersedia di mobil. Apalagi jika Anda membawa mobil sendiri, tentu mau tidak mau Anda harus tahu cara paling praktis dalam mengganti ban mobil.

Baca Juga : Waspada! Ini 3 Tanda Ban Mobil Harus Diganti

Cara mengganti ban mobil bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya mekanik dan semacamnya. Pada mobil pasti ada alat-alat untuk mengganti ban mobil sehingga dengan adanya alat ini siapa saja bisa mempelajari cara mengganti ban mobil. Nah, pasti Anda kini sedang di pinggir jalan bingung bagaimana cara mengganti ban mobil. Tenang! Kami akan berikan cara mudah mengganti ban mobil :

Peralatan Ganti Ban Mobil

Cara ganti ban mobil
Source: sharingdisini.com

Ingat! Jangan lupa nyalakan lampu hazard saat sedang mengganti ban mobil. Setelah lampu hazard dinyalakan, Anda memerlukan 3 kebutuhan sebagai cara mengganti ban mobil. Pertama adalah dongkrak, ban cadangan, dan kunci roda. 3 kebutuhan ini harus selalu ada dalam mobil Anda dan kalau bisa letakkan di tempat yang mudah dijangkau agar sewaktu-waktu saat harus mengganti ban mobil, pekerjaan mengganti ban mobil akan lebih dimudahkan.

Kendurkan Baut Ban yang Ingin Diganti

Cara mengganti ban mobil
Source: autobild.co.id

Ingat! Anda jangan pasang dongkrak dulu ketika ingin mengendurkan ban mobil. Kenapa? Agar lebih memudahkan Anda untuk mengendurkan baut ban yang terpasang sebab saat ban masih bersentuhan dengan tanah, Anda akan dibantu dengan tertahannya ban bocor tersebut oleh permukaan jalan. Setelah itu, pastikan Anda tepat meletakkan kunci mobil pada lobang baut ban yang ingin diganti. Setelah tepat, Anda bisa mulai memutar kunci berlawanan jarum jam pada baut ban yang ingin dikendurkan. Pada poin ini, Anda cukup mengendurkan baut bannya saja, tidak sampai benar-benar lepas sebagai cara mengganti ban mobil yang tepat.

Mulai Untuk Dongkrak Mobil

Tips ganti ban mobil
Source: autobild.co.id

Setelah baut ban mobil sudah kendur semua, Anda bisa mulai untuk mendongkrak mobil dekat dengan posisi ban mobil yang ingin diganti. Biasanya pada setiap mobil, ada titik dongkrak pada bagian dekat masing-masing ban mobil sehingga dengan adanya tanda cekung penanda titik dongkrak ini, Anda bisa tahu titik aman yang bisa Anda pasang dongkrak. Saat sudah dapat dan tepat, Anda bisa mulai memutar dongkrak hingga mobil benar-benar terangkat. Ingat! Pastikan dongkrak berdiri tegak dan tidak miring agar dongkrak benar-benar kokoh ketika mengangkat mobil.

Lepaskan Ban Mobil

Source: otovista.com

Setelah dongkrak terpasang dengan benar, Anda bisa mulai melepas baut ban yang kendur tadi hingga benar-benar lepas. Setelah baut ban lepas, angkat ban mobil dengan hati-hati dan letakkan pada posisi tidur agar tidak menggelinding. Jangan lupa juga, baut ban mobil yang sudah terlepas disimpan di tempat yang aman agar tidak hilang.

Pasang Ban Mobil Cadangan

Cara pasang ban cadangan
Source: autobild.co.id

Setelah ban mobil yang bocor sudah dilepaskan, Anda bisa mulai memasang ban cadangan. Pastikan ban cadangan sudah terpasang dengan benar. Bagaimana caranya supaya tahu ban cadangan sudah terpasang dengan benar? Anda bisa pastikan dengan cara menggoyangkan ban tersebut sebelum baut ban dipasang. Ketika ban digoyangkan, dengan cepat ban cadangan akan tepat terpasang pada penyangga ban. Jika sudah tepat, saatnya Anda mulai memasang baut ban satu per satu. Ingat! Baut ban dipasang saat benar-benar ban cadangan sudah terpasang dengan benar agar aman digunakan ketika mengendarai mobil.

Kencangkan Baut Ban Mobil

Source: autobild.co.id

Setelah Anda mulai memasang baut, mulai turunkan dongkrak secara perlahan sampai ban mobil benar-benar sampai permukaan tanah. Setelah itu, Anda mulai bisa mengencangkan baut ban mobil secara kuat. Agar lebih meyakinkan baut ban mobii sudah kuat, Anda bisa menggunakan kaki untuk lebih mengencangkan baut ban agar benar-benar bisa terpasang dengan sempurna.

Simpan Peralatan Kembali

Source: bukalapak.com

Setelah ban cadangan sudah terpasang dengan baik. Jangan lupa untuk mengembalikan peralatan yang sudah digunakan ke tempat semula. Periksa lagi kelengkapan peralatan agar jika harus mengganti ban mobil lagi di kemudian hari, kelengkapan peralatan sudah aman dan Anda tidak bingung lagi dengan cara mengganti ban mobil yang benar.

Perbaiki Ban Mobil yang Bocor

Source: prokal.co

Sangat wajib untuk memperbaiki ban mobil yang bocor tadi agar mobil Anda tetap punya ban cadangan. Dengan menambal dan memperbaiki ban mobil yang bocor tadi, tentunya Anda bisa mengganti ban cadangan yang sudah terpasang dengan ban bocor yang sudah ditambal agar ban cadangan tetap selalu ada. Mengapa? Kita tidak pernah tahu kapan ban mobil akan bocor bukan?

Itulah 8 cara mengganti ban mobil paling praktis yang harus Anda ketahui. Cara-cara di atas adalah cara yang sangat mudah sehingga siapa saja bisa mempelajarinya. Dengan begitu tentu Anda jadi bisa mengganti ban mobil sendiri dan tidak perlu bingung lagi jika suatu saat nanti ban mobil bocor di jalan. Agar bisa terhindar dari ban mobil yang suka bocor, alangkah baiknya Anda membeli mobil bekas yang benar-benar berkualitas sehingga tidak direpotkan dengan ban mobil yang selalu bermasalah.

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas