Daihatsu Terios Mendapat Peningkatan Lewat Fitur Eco Idle, Begini Cara Kerjanya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 23 September 2021

Daihatsu Terios Mendapat Peningkatan Lewat Fitur Eco Idle, Begini Cara Kerjanya

momobil.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini menghadirkan peningkatan pada Terios lewat fitur Eco Idle. Di skuter matic, fitur seperti ini mungkin lebih dikenal dengan nama Idiling Start-Stop System.

Sesuai namanya, kehadiran fitur Eco Idle pada Daihatsu Terios bertujuan untuk menekan konsumsi bahan bakar sehingga lebih irit. Fitur ECO Idle akan secara otomatis mematikan mesin saat mobil berhenti di kondisi kemacetan atau ketika menunggu lampu merah.

Berdasarkan keterangan Anjar Rosjadi, yang kini menjabat sebagai R&D Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor, ada beberapa syarat supaya fitur ini bisa bekerja. Cara mengaktifkan fitur ini sedikit berbeda antara varian manual dan otomatis. Berikut penjelasan lengkapnya.

Daihatsu Terios transmisi manual:

1. Mobil dalam keadaan berhenti
2. Posisi gigi netral
3. Angkat kaki dari pedal kopling
4. Angkat kaki dari pedal rem

“Rem tangan tidak bisa ya, harus rem kaki. Nah bila keempat hal itu sudah dilakukan pengemudi, maka otomatis mesin mobil akan mati,” ucapnya kepada kumparan.

Sedangkan pengaktifan Eco Idle pada Daihatsu Terios transmisi otomatis lebih praktis. Begini caranya.

1. Mobil dalam keadaan berhenti
2. Tuas transmisi di posisi D
3. Injak pedal rem dan tahan

Untuk lebih jelasnya, berikut video pengoperasian fitur Eco Idle di Daihatsu Terios.

Head, Test & Validation Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Karawang Assembly Plant Yasuo Sahashi, mengatakan penggunaan fitur ini diklaim bisa menghemat 5-10 persen konsumsi BBM.

Baca juga: Apa Dampaknya Jika Mobil Minum BBM Tak Sesuai Rekomendasi Pabrikan?

“Efisiensi BBM lebih baik, mengurangi tingkat emisi gas buang, sehingga membuat kendaraan semakin ramah lingkungan,” tutur Sahashi. Pengetesan sendiri dilakukan oleh tim tim R&D Daihatsu pada berbagai kondisi jalan, ditambah pengujian di fasilitas Test Course R&D Center Daihatsu di Indonesia. Hasil pengetesan dipengaruhi berbagai faktor seperti kondisi lingkungan, penggunaan jenis bahan bakar, dan cara berkendara.

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas