Begini Cara Melakukan Kickdown Pada Mobil Matik agar Lebih Bertenaga

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 August 2021

Begini Cara Melakukan Kickdown Pada Mobil Matik agar Lebih Bertenaga

momobil.id – Ketika melahap tanjakan atau ingin mendahului kendaraan lain, pengemudi mobil matik biasanya melakukan kickdown agar mendapatkan tenaga yang lebih besar. Namun sebenarnya, apa sih teknik kickdown pada mobil matic?

Kickdown pada mobil matik merupakan istilah yang dimaksudkan untuk menekan pedal gas dengan cepat sampai full ketika mobil sedang menanjak, ataupun saat mendahului mobil di depannya. Tujuannya untuk mempercepat akselerasi mobil.

Cara kerja kickdown sendiri terjadi secara otomatis, di mana pada saat pengemudi melakukan tekanan yang dalam pada pedal gas dengan cepat, maka kickdown tersebut mulai bekerja. Biasanya jika mobil matik digas dalam-dalam akan naik torsinya, nah itu merupakan penurunan gigi pada transmisi matik yang dimaksudkan untuk mendapatkan torsi ketika menanjak. Nanti transmisinya akan naik lagi ke gigi atas secara otomatis.

Baca juga: Apa Sih Bedanya Teknologi Run Flat Tire dan Seal Inside Tire Pada Ban Mobil?

Lalu, bagaimana cara melakukan kickdown yang benar? Melakukan kickdown tidaklah sulit. Pada saat mobil melaju dengan posisi tuas di D, pengemudi hanya perlu sedikit mengendurkan pedal gas, lalu menginjaknya kembali secara dalam.

Ketika melakukan injakan tersebut, sebaiknya lakukan secara spontan dan benar-benar dalam. Pastikan juga, kemudi mobil dipegang dengan benar guna mengantisipasi tenaga yang meningkat secara tiba-tiba.

Setelah berhasil menyalip atau melewati tanjakan, pengemudi bisa kendurkan tekanan pada pedal gas agara secara otomatis transmisi berpindah gigi ke tingkat yang lebih tinggi. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya dorongan kecil.

Adapun saat melakukan kickdown, terkadang transmisi tidak berpindah gigi ke yang lebih rendah sehingga terasa masih kurang bertenaga ketika menyalip. Guna mengantisipasinya, pengemudi bisa memindahkan tuas persneling dari posisi D ke posisi 3 atau 2, atau bisa juga dengan mematikan overdrive. Jika overdrive dalam posisi off, maka bisa dimanfaatkan untuk menurunkan posisi gigi agar meningkatkan putaran mesin sehingga torsi juga meningkat.

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas