Cara Kirim Mobil ke Kampung Halaman Supaya Tidak Terjebak Macet

momobil.id - Mudik ketika Lebaran telah menjadi tradisi yang rutin dilakukan setiap tahun oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu transportasi yang menjadi favorit masyarakat ketika mudik adalah mobil.

Mobil menjadi pilihan karena mampu mengangkut banyak orang dan berbagai pelengkapan yang dibutuhkan selama perjalanan mudik. Meski begitu, kendala yang biasa dihadapi para pemudik yang bepergian dengan mobil adalah kemacetan yang kerap ditemui sepanjang perjalanan menuju kampung halaman. Kemacetan parah pernah terjadi pada musim mudik Lebaran tahun 2016. Saat itu, kemacetan parah berlangsung selama beberapa hari pada GT Brebes Timur (Brexit).

Ilustrasi kemacetan

Untuk menghindari kendala yang terjadi di lapangan seperti kemacetan, beberapa pemudik memilih transportasi lain untuk menuju kampung halaman seperti kereta api, pesawat, atau kapal laut. Namun saat berada di kampung halaman, mereka tidak memiliki alat transportasi yang bisa digunakan untuk membawa seluruh anggota keluarga lantaran mobil mereka ditinggal di Jakarta.

Guna menjawab permasalahan ini, beberapa pemudik memilih menggunakan jasa pengiriman mobil menggunakan towing. Tipe mobil yang biasa diantar menggunakan towing ketika musim mudik kebanyakan tipe MPV dan sedan seperti Toyota Innova, Honda CR-V, hingga yang kelas premium seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand maupun Mercedes-Benz SLK.

Lalu, apa syaratnya? Seperti dilansir Kompas.com, Obet yang merupakan pemilik jasa pengiriman kendaraan AKM Transport mengungkapkan syarat yang dibutuhkan hanya STNK asli dan kunci kendaraan. Pengguna jasa harus melampirkan surat kendaraan untuk penyertaan dokumen selama pengiriman. Melampirkan STNK asli juga menjadi syarat yang harus diperlihatkan bila dalam perjalanan ada pemeriksaan rutin yang dilakukan petugas.

Untuk wilayah pengiriman, kebanyakan masih di sekitar pulau Jawa. Grid Oto melansir, permintaan pengiriman terbanyak biasanya menuju kota Yogyakarta dan Surabaya. Namun beberapa penyedia jasa juga ada yang melayani pengiriman hingga ke Bali.

Baca Juga: Tip Membeli Mobil agar Tidak Menyesal

Satu pertanyaan berikutnya setelah persyaratan, berapa harganya jika ingin menggunakan jasa ini? Pada 2018 lalu, Napit selaku Direktur Pemasaran Noble Towing mengatakan harga yang dipatok selama momen Lebaran berkisar Rp4 juta hingga Rp5 juta, tergantung tujuan pengiriman.

Nah, setelah mengetahui syarat dan perkiraan harga, apakah jasa pengiriman mobil menggunakan towing ini menjadi pertimbangan sobat Momobil saat mudik nanti?

 Penulis: Danang Setiaji Sumber gambar: IST

Berita Terbaru

  • Periksa Komponen Mobil Berikut Sebelum Berangkat Mudik
    • 20 May 2019
  • Pilih-pilih Karpet 'Mie' Berbahan PVC Coil untuk Mobil
    • 20 May 2019
  • Asyik, Mudik Lebaran 2019 Bisa Lewat Tol Trans Jawa! Ini Tarifnya
    • 17 May 2019
  • Mengapa Sebaiknya Mencopot Stiker Barcode di Kaca Mobil?
    • 17 May 2019
  • Tertarik Kunjungi GIIAS 2019? Tiketnya Bisa Beli Online di Blibli.com
    • 15 May 2019