Jangan Keburu Nafsu! Begini Cara Membeli Mobil Bekas Berkualitas agar Tidak Tertipu

Ditulis oleh : admin | 29 July 2019

Jangan Keburu Nafsu! Begini Cara Membeli Mobil Bekas Berkualitas agar Tidak Tertipu

momobil – Kendaraan pribadi merupakan salah satu opsi yang menjadi pilihan masyarakat urban ketika melakukan mobilitas dalam aktivitas sehari-hari. Mobil menjadi salah satu kendaraan favorit di perkotaan setelah sepeda motor. Namun karena meningkatnya harga mobil baru setiap tahunnya, beberapa orang lebih menjatuhkan pilihannya pada mobil bekas lantaran harganya lebih terjangkau. Meski begitu, tantangan belum selesai sampai di situ. Bagi calon pembeli dengan dana terbatas, tantangan yang harus dihadapi berikutnya yakni mencari penyedia layanan kredit mobil bekas terbaik yang sesuai dengan bujetnya.

Jika sudah mendapatkan beberapa pilihan mobil bekas sesuai selera, calon pembeli sebaiknya tak langsung melakukan transaksi sebelum memeriksa kondisi fisik maupun kelengkapan surat-surat mobil. Membeli mobil, sekalipun mobil bekas, merupakan rencana yang perlu dipertimbangkan mengingat biaya yang dikeluarkan cukup besar. Maka, harus dipertimbangkan kondisi mobil yang akan dibeli, baik dari segi fisik maupun kelengkapan suratnya. Mulai dari bagian yang paling mudah diamati seperti eksterior dan interior, perhatikan bagian mana yang memiliki nilai minus seperti penyok, lecet, sobek, atau sudah rusak hingga kurang layak pakai. Selanjutnya periksa kondisi mesin dan komponen lainnya seperti kondisi kaki-kaki dan oli mesin. Agar lebih jelas, sebaiknya bawa teknisi pribadi atau lakukan general check up ke bengkel resmi sesuai brand mobil.

Jika semuanya sudah oke, ada yang gak kalah penting nih, yaitu mencocokkan nomor rangka dan nomor mesin. Kedua nomor tersebut sudah seharusnya sesuai dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Setelah itu, periksa kembali apakah terdapat bekas-bekas las pada nomor rangka. Jika nomor rangka dan nomor mesin tak sesuai dengan yang tertulis di BPKB atau STNK, maka lebih baik urungkan niat melakukan transaksi. Apalagi jika ada bekas las-lasan pada bagian nomor rangka, sebaiknya batalkan transaksi karena dikhawatirkan mobil tersebut merupakan mobil curian.

Lalu, bagaimana cara mencari mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau dan terjamin keaslian surat-suratnya? Saat ini banyak cara untuk mencari mobil bekas, mulai dari melihat iklan baris di koran, mengelilingi dealer mobil bekas untuk membandingkan harga, atau mengunjungi situs marketplace mobil bekas. Di era teknologi seperti saat ini, mengunjungi situs marketplace mobil bekas merupakan opsi yang banyak diminati pemburu mobil bekas karena mampu menghemat waktu dan tenaga. Salah satu marketplace jual beli mobil bekas dan baru yang cukup mumpuni adalah momobil yang menawarkan beberapa keunggulan kepada calon konsumen seperti beragam pilihan mobil dari berbagai brand, filter pencarian, perbandingan produk, hingga tanda tersertifikasi oleh Mister Auto (representative momobil.id yang akan melakukan pengecekan kondisi mobil). Hal ini dihadirkan demi memberikan rasa aman pada konsumen karena momobil hanya menjual mobil bekas berkualitas. Tak hanya itu, momobil juga memberikan garansi selama enam bulan.

Baca Juga: Mesin mobil ngebul karena radiator bermasalah? Simak cara memperbaikinya

Jika sudah memiliki mobil incaran, momobil juga menyediakan fitur kalkulator kredit guna mempermudah simulasi kredit. Calon konsumen yang sudah cocok dengan harga dan kondisi mobil juga tak perlu repot mencari lembaga pembiayaan jika ingin membelinya secara kredit. Karena pembelian mobil di momobil didukung oleh Adira Finance yang termasuk lembaga keuangan non bank yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Penulis: Farah Diba Agustine

Sumber gambar: IST


Kembali ke atas