Ini Cara Mudah Melepas dan Membersihkan Stiker pada Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 March 2022

Ini Cara Mudah Melepas dan Membersihkan Stiker pada Mobil

momobil.id – Seringkali pemilik mobil memasang stiker guna mempercantik tampilan mobil. Biasanya, pemilik mobil memasang aksesoris ini pada bagian kaca dan bodi mobil. Stiker mobil dapat mengalami kerusakan dan kerap kali pemilik bosan dengan tampilannya pada mobil. Hal ini tentu menjadi alasan pemilik mencabut stiker pada bodi mobilnya. Melepaskan stiker dapat dilakukan secara mandiri, maupun oleh ahli. Namun, saat mencabut stiker, terkadang bekas lem tidak sepenuhnya tercabut dan mengotori bodi kendaraan. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara mudah melepas dan membersihkan stiker pada mobil.

Melepaskan Stiker dengan Alat Bantu

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melepas stiker pada mobil adalah menggunakan alat bantu. Menurut Dwi T. Nugraha selaku Head Marketing Operations PDV Detailing, alat bantu yang bisa digunakan adalah heat gun. Heat gun dapat berfungsi untuk melunakan stiker. Selain heat gun, pemilik mobil juga bisa menggunakan hair dryer untuk melunakan lem pada stiker. Sementara untuk stiker pada kaca bisa menggunakan pisau cutter. Namun perlu dicatat bahwa penggunaan alat tersebut harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak cat mobil.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Swirl Mark di Body Mobil, Cukup Pakai Peralatan Ini

Bersihkan dengan Sabun Khusus

Bekas lem kerap kali tersisa saat stiker sudah dilepas dan tentu dapat merusak tampilan mobil. Pemilik bisa menggunakan sabun khusus bodi mobil atau sabun mandi biasa untuk membersihkan sisa-sisa lem. Sabun khusus mobil juga bisa digunakan untuk melepas stiker. Pemilik mobil tinggal membasahi permukaan stiker dengan air sabun, kemudian gosok secara perlahan menggunakan kain basah hingga perekat stiker lunak. Perlu dicatat bahwa penggunaan sabun colek dan sabun cream tidak disarankan karena dapat merusak permukaan bodi mobil.

Gunakan Kayu Putih

Tidak hanya digunakan untuk pengobatan, kayu putih juga bisa digunakan untuk melepas stiker pada bodi mobil. Minyak kayu putih terbukti bisa menghilangkan bekas lem pada stiker. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian yang susah dicabut. Apabila kondisi stiker sudah lunak, segera cabut dari bodi mobil.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas