Cara Melihat Spion Mobil yang Aman dan Benar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 March 2022

Cara Melihat Spion Mobil yang Aman dan Benar

momobil.id – Saat berkendara, kaca spion merupakan komponen yang penting untuk diperhatikan. Fungsi dari kaca spion pada mobil adalah untuk melihat kondisi di sekitar jalan. Tanpa melihat kaca spion, pengemudi akan sulit melajukan mobil secara aman. Demi keselamatan berkendaara, kaca spion ditempatkan pada berbagai sisi mobil, yaitu bagian kanan, kiri, dan tengah. Akan tetapi, keberadaan kaca spion ini seringkali diabaikan oleh pengemudi. Masih banyak pengemudi yang lupa untuk melihat kaca spion dan terlalu fokus melihat jalan. Lantas, bagaimana cara yang aman dan benar melihat kaca spion mobil?

Hal utama yang perlu dilakukan sebelum berkendara adalah memeriksa kondisi spion. Setelah mendapat posisi berkendara yang nyaman dan tepat, lakukan penyesuaian pada kaca spion. Blind spot dapat diminimalisir apabila penyesuaian tiga kaca spion mobil dilakukan dengan tepat. Pengemudi harus memastikan spion luar (spion kanan dan kiri) mencakup pandangan yang dibutuhkan. Posisikan spion samping agar bisa melihat area samping belakang, serta area jalan. Sementara itu, posisikan spion tengah sesuai dengan posisi pandangan. Atur spion tengah agar bisa melihat area belakang hanya dengan lirikan mata.

Baca Juga: Melipat Spion Elektrik Manual, Ini Efek yang Bisa Ditimbulkan

Setelah mengatur posisi spion pada mobil, usahakan fokus pengemudi tidak hanya pada bagian depan saja. Training Direstor Safety Defense Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa spion samping dan tengah merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan bagi pengemudi. Fokus pengemudi harus multitasking, yaitu dengan memperhatikan segala sisi kendaraan dengan spion.

Menurut Sony dilansir dari Kompas.com, aturan tepat melihat kaca spion bisa dilakukan berdasarkan durasi. Untuk aturannya, pengemudi harus melihat spion tengah selama 1 detik, kemudian 4 detik melihat ke arah depan. Kemudian, pengemudi melihat spion bagian kanan selama 1 detik sebelum memperhatikan ke arah depan selama 4 detik. Setelah itu, pengemudi memperhatikan spion kiri selama 1 detik, dan kembali fokus ke bagian depan. Dengan cara melihat spion mobil seperti yang dijabarkan, pengemudi tidak akan terganggu konsentrasinya saat berkendara. Usahakan untuk selalu memperhatikan spion agar tetap aman saat berkendara.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas