Cara Memilih Spare Part Mobil Asli dan Palsu

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 12 November 2018

Cara Memilih Spare Part Mobil Asli dan Palsu

Tips Spare Part Mobil | Mobil Bekas

Untuk membeli spare part mobil biasanya disesuaikan dengan budget, sehingga muncullah di pasaran yang asli dan palsu. Spare part asli pastinya dikeluarkan langsung oleh produsennya atau rekanan yang mendukung pembuatan spare part-nya. Spare part yang palsu sering diperhalus dengan istilah KW. Bahkan KW pun ada golongannya, KW 1 dan KW 2. Daripada salah beli, pelajari dulu tentang cara membedakan spare part asli dan palsu.

Istilah KW merujuk pada barang yang bukan asli. Sebenarnya ini tak salah karena pembeli butuh alternatif, utamanya dalam hal harga. Spare part KW lebih murah daripada spare part asli. Dan usia ketahanan spare part KW juga lebih singkat daripada spare part asli.

Spare part KW tersedia utamanya di bengkel-bengkel besar maupun kecil. Sedangkan spare part asli selalu tersedia di bengkel resmi mobil kesayangan Anda. Jadi mudah sebenarnya untuk mencari spare part asli dan terhindar dari spare part palsu.

Namun ada saatnya Anda berada dalam kondisi dimana harus membeli spare part asli di luar bengkel resmi. Agar tidak salah beli, ada beberapa cara untuk Anda amati saat membeli spare part, yakni:

Perbedaan harga

Ini paling mudah ditemui kasusnya. Umumnya harga spare part asli lebih mahal daripada spare part palsu. Jika ada penjual menawarkan harga spare part asli dengan harga lebih murah, Anda harus betul-betul memperhatikan kemasan dan bahan komponen spare part tersebut apakah memang benar asli atau bukan. Ada spare part palsu yang kemasannya dan bahannya nyaris serupa dengan kemasan dan bahan spare part asli.

Kemasan

Hal pertama kali yang Anda harus lakukan untuk mengenali spare part asli atau palsu adalah mengamati bentuk kemasannya. Produsen spare part asli pasti akan memberikan ciri khusus produksinya dikemasannya, baik itu dalam bentuk tulisan, hologram, maupun kode produksi. Banyak spare part palsu mengimitasi kemasan serupa, namun umumnya akan terlihat hasil jiplakannya. Misalkan tulisannya tidak jelas, tidak ada hologram dan bahkan kode produksi.

Bahan spare part

Spare part asli atau bukan dapat dilihat juga dari materialnya. Akan tampak material berkualitas baik dan berkualitas buruk secara kasat mata. Akan terasa materialnya itu ketika digunakan, yang tak asli umumnya usia pemakaiannya tidak lama akan cepat rusak.

Garansi

Tidak semua spare part asli bergaransi. Namun umumnya pihak bengkel resmi akan menjamin garansi tersebut sebagai service excellence-nya. Berbeda dengan bengkel umum, tidak banyak yang memberikan garansi oleh karena alasan akan menambah pekerjaan. Dalam hal garansi, belilah spare part di bengkel resmi.

Jika kurang yakin dengan kualitas yang ditawarkan, sebaiknya Anda lebih dulu mencari informasi mengenai produk tersebut. Untuk mengenali spare part dan produk resmi Anda bisa mendapatkan informasinya di katalog maupun website ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) mobil Anda.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 100.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 110.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 102.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas