Sangat Mudah! Begini 7 Cara Memperbaiki Google Maps yang Tidak Akurat

Ditulis oleh : alfon | 2 May 2024

Sangat Mudah! Begini 7 Cara Memperbaiki Google Maps yang Tidak Akurat

Google Maps telah menjadi sahabat setia bagi jutaan orang di seluruh dunia, membantu mereka menavigasi jalan-jalan yang asing, menemukan restoran terdekat, atau bahkan mengetahui kondisi lalu lintas secara real-time. 

Namun, terkadang, pengguna mungkin mengalami ketidakakuratan dalam penentuan lokasi atau arah di Google Maps, yang bisa menjadi frustasi terutama ketika waktu dan efisiensi sangat berharga. 

Beruntung, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki ketidakakuratan ini dan membuat pengalaman menggunakan Google Maps menjadi lebih lancar.

Jangan khawatir! Berikut beberapa langkah mudah untuk memperbaiki Google Maps yang tidak akurat

1. Pastikan Lokasi Anda Aktif

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan fitur lokasi pada smartphone Anda aktif. Buka aplikasi Pengaturan, temukan menu Lokasi, dan pastikan “Gunakan Lokasi Saya” diaktifkan.

2. Kalibrasi Sensor GPS

Kesalahan pada sensor GPS dapat menyebabkan ketidakakuratan Google Maps. Lakukan kalibrasi sensor GPS dengan cara:

– Buka aplikasi Google Maps.

– Ketuk ikon titik biru yang menunjukkan lokasi Anda.

– Pilih “Kalibrasi Kompas”.

– Ikuti instruksi di layar untuk mengkalibrasi sensor GPS.

3. Periksa Koneksi Internet

Koneksi internet yang lemah atau tidak stabil dapat mengganggu performa Google Maps. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang kuat sebelum menggunakan aplikasi.

4. Update Aplikasi Google Maps

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi Google Maps. Buka Google Play Store atau App Store, cari “Google Maps”, dan tekan “Update” jika tersedia.

5. Hapus Cache dan Data Google Maps

Cache dan data aplikasi yang menumpuk dapat menyebabkan masalah pada Google Maps. Coba hapus cache dan data aplikasi Google Maps dengan cara:

– Buka aplikasi Pengaturan.

– Temukan menu Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.

– Cari dan pilih aplikasi “Google Maps”.

– Pilih “Penyimpanan” dan kemudian “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

6. Restart Smartphone

Memulai ulang smartphone dapat membantu menyegarkan sistem dan memperbaiki masalah pada aplikasi.

7. Laporkan Kesalahan ke Google:

Jika Anda masih mengalami ketidakakuratan setelah mencoba langkah-langkah di atas, laporkan kesalahan tersebut ke Google. Buka aplikasi Google Maps, ketuk ikon titik biru, pilih “Kirim Masukan”, dan jelaskan masalah yang Anda alami.

Melaporkan Kesalahan Lokasi

Google Maps mengandalkan kontribusi dari pengguna untuk memperbaiki dan meningkatkan akurasi data mereka. 

Jika Anda menemukan lokasi yang tidak akurat atau tidak sesuai di Google Maps, Anda dapat melaporkannya langsung melalui aplikasi. 

Cukup ketuk titik lokasi yang salah, pilih “Laporkan masalah”, dan ikuti instruksi untuk memberikan informasi tentang kesalahan yang Anda temui. 

Tim Google akan memeriksa laporan Anda dan memperbarui data mereka sesuai kebutuhan.

Kontribusi Melalui Google Local Guides

Google Local Guides adalah komunitas pengguna Google Maps yang aktif berkontribusi untuk meningkatkan kualitas dan akurasi informasi di platform tersebut. 

Bergabunglah dengan program ini dan mulailah memberikan ulasan, foto, dan informasi lainnya tentang tempat-tempat yang Anda kunjungi. 

Dengan demikian, Anda tidak hanya membantu orang lain mendapatkan informasi yang lebih akurat, tetapi juga dapat memperoleh keuntungan seperti poin dan penghargaan dari Google.

Verifikasi Informasi Bisnis

Jika Anda merupakan pemilik atau pengelola bisnis yang terdaftar di Google Maps, pastikan untuk memverifikasi dan memperbarui informasi bisnis Anda secara teratur. 

Ini termasuk alamat, nomor telepon, jam operasional, dan deskripsi bisnis. 

Dengan memberikan informasi yang akurat, Anda membantu memastikan bahwa pelanggan potensial dapat menemukan bisnis Anda dengan mudah dan mengurangi kemungkinan kesalahan lokasi.

Manfaatkan Fitur Koreksi Manual

Di samping laporan masalah, Google Maps juga menyediakan fitur untuk memperbaiki informasi secara manual. 

Ketika Anda menemukan kesalahan dalam rute atau detail lokasi, Anda dapat mengedit informasi tersebut langsung dari aplikasi. 

Misalnya, jika jalan yang ditunjukkan tidak tersedia atau satu arah, Anda dapat memberikan masukan untuk koreksi dengan menambahkan atau menghapus jalan.

Cek Sumber Data Peta Alternatif

Terakhir, jika Anda mengalami kesalahan yang persisten atau tidak dapat diperbaiki di Google Maps, pertimbangkan untuk memeriksa sumber data peta alternatif seperti Bing Maps atau Apple Maps. 

Meskipun Google Maps memiliki basis data yang luas, ada kemungkinan bahwa sumber data lain memiliki informasi yang lebih akurat untuk wilayah tertentu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membantu meningkatkan akurasi dan kualitas informasi di Google Maps, sehingga memberikan pengalaman navigasi yang lebih baik bagi semua pengguna. 

Ingatlah bahwa setiap kontribusi Anda sangat berharga dalam memperbaiki dan memelihara salah satu alat navigasi digital paling populer di dunia.

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas