Cara Memperbaiki Mobil Penyok Ringan Tanpa ke Bengkel

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 April 2020

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Ringan Tanpa ke Bengkel

momobil.id – Bumper depan dan belakang merupakan bagian paling rawan jika terjadi benturan yang mengakibatkan body mobil menjadi penyok. Jika hanya karena benturan ringan, ada cara mudah memperbaiki mobil penyok kecil tanpa harus ke bengkel.

Cara memperbaiki mobil dengan penyok ringan cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki penyok ringan pada mobil.

Baca juga: Mazda CX-3 Kini Punya Empat Varian Setelah Hadir Dua Varian Baru

Hair dryer dan cairan karbondioksida

Hair dryer tak hanya berfungsi mengeringkan rambut, namun juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki mobil yang penyok. Caranya, nyalakan hair dryer dan arahkan ke body mobil yang penyok selama kurang lebih tiga hingga lima menit. Saat body mobil dalam kondisi panas akibat hair dryer, lanjutkan dengan menyemprotkan cairan karbondioksida. Kemudian, tekan tarik body yang penyok hingga kembali ke bentuk asalnya.

Air panas dan penyedot wastafel

Cara ini pada dasarnya sama seperti cara di atas. Untuk mengaplikasikannya, siram body mobil yang penyok sedikit demi sedikit menggunakan air panas. Selanjutnya, gunakan alat penyedot wastafel untuk menarik body yang penyok ke bentuk semula. Sebagai catatan, memperbaiki body mobil penyok dengan air panas hanya bisa dilakukan pada bagian body atau bumper yang berbahan plastik atau serat karbon.

Gunakan Pops A Dent

Solusi berikutnya yakni menggunakan pops a dent. Untuk menggunakan pops a dent, siapkan pad lem dan tempelkan pada body mobil yang penyok. Biarkan lem mengering beberapa saat. Setelah itu, putar pad tersebut menggunakan tuas yang telah disediakan. Memutar pad ini berfungsi untuk mengembalikan body mobil yang penyok ke bentuk semula.



Kembali ke atas