Cara Menambah dan Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 September 2022

Cara Menambah dan Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

momobil.id – Pada AC mobil, terdapat salah satu komponen yang cukup penting, yaitu kompresor AC. Agar kompresor tetap terjaga kondisinya, pengecekan oli kompresor harus dilakukan secara berkala. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi, jenis, serta cara mengganti dan menambah oli kompresor AC mobil.

Mengenai Oli Kompresor AC Beserta Fungsinya

Kinerja dari kompresor AC tidak lepas dari oli. Oli berfungsi untuk melumasi komponen pada kompresor AC sehingga terhindar dari kerusakan. Selain itu, oli juga berfungsi untuk meredam bunyi keras pada mobil ketika dikendarai.

Ketika oli pada kompresor AC dalam kondisi buruk atau kurang, maka dapat menimbulkan bunyi aneh yang keluar dari kompresor. Hal ini diakibatkan oleh gesekan kuat antara komponen di dalam kompresor.

Jenis Oli Kompresor

Seperti oli mesin, oli kompresor AC memiliki beragam jenis. Ada dua merek oli kompresor AC yang biasanya dikenal, yaitu Denso (ND) dan Sanden (SD). Berikut ini adalah jenis oli yang paling sering digunakan.

1. ND-oil 8

Oli ND 8 digunakan untuk kompresor dengan jenis piston, rotary (scroll dan SV), serta refrigerant R134a.

2. ND-oil 9

Oli kompresor ND 9 digunakan untuk kompresor berjenis vane dengan refrigerant R134a.

3. ND-oil 11

Oli ND 11 digunakan untuk kompresor dengan jenis electric driven scroll dan refrigerant R134a atau R123yf.

4. ND-oil 12

Oli ND 12 digunakan untuk kompresor berjenis piston dan rotary dengan jenis refrigerant R123yf atau R134a.

Mengapa Oli Kompresor AC Harus Diganti?

Perawatan AC mobil seringkali luput dari perhatian pemilik mobil. Meskipun demikian, AC mobil juga harus dirawat, terutama harus dilakukan penggantian oli kompresor.

Pelumas pada kompresor AC sendiri mampu mengurangi gesekan antar komponen kompresor AC. Oli kompresor yang jarang diganti dapat membuat AC mobil mendengkur. Selain itu, AC mobil bisa mengeluarkan bau akibat kualitas oli kompresor yang buruk.

Baca Juga: Mengetahui Cara Kerja, Komponen, Masalah dan Merawat AC Mobil

Cara Mengganti Oli Kompresor AC

Proses mengganti oli kompresor merupakan proses menukar oli kompresor AC lama dengan yang baru. Mengganti oli kompresor AC merupakan proses yang lebih rumit dibandingkan dengan menambah oli karena membutuhkan alat yang biasanya tersedia di bengkel mobil. Menguras oli kompresor juga hanya dilakukan oleh montir atau orang yang sudah profesional.

Hal pertama yang dilakukan saat mengganti oli kompresor adalah mengosongkan freon AC dengan cara memindahkannya ke tempat yang lebih aman.

Bukalah bagian kompresor AC, kemudian kosongkan dengan cara memutar bagian oli kompresor agar oli tumpah. Setelah oli kompresor sudah tumpah, maka isilah oli baru lewat lubang saluran tekanan terendah pada kompresor.

Cara Menambah Oli Kompresor AC

Oli pada kompresor AC akan berkurang seiring dengan pemakaian. Jika kualitas oli pada kompresor masih baik, maka pemilik mobil tinggal menambahkan oli saja. Berikut ini merupakan cara-cara yang bisa dilakukan untuk menambah oli pada kompresor AC.

1. Lewat Manifold Gauge

Untuk mengisi oli kompresor lewat manifold gauge, pemilik mobil harus memastikan proses vacuum sudah selesai. Ketika proses vacuum sudah selesai, tutup keran manifold gauge dan buka bagian selang untuk memasukan oli kompresor AC.

Isilah kompresor dengan oli sesuai dengan ukuran dari kompresor AC mobil. Tutup kembali selang manifold gauge dengan rapat. Hal ini dilakukan untuk menghindari debu atau kotoran masuk ke dalam kompresor AC.

2. Lewat Lubang Inlet

Untuk mengisi oli kompresor AC melalui lubang inlet, masukan cairan pelumas lewat saluran tekanan rendah. Takaran pengisian oli kompresor dilakukan sesuai dengan ukuran kompresor AC mobil. Jika ukuran kompresor AC mobil kecil, maka cukup isi 150 cc oli. Apabila ukuran kompresor AC lebih besar, maka bisa ditambah takarannya.

3. Menggunakan Alat Recovery

Untuk menggunakan alat recovery, siapkan terlebih dahulu alat AC R3. Kemudian, letakan oli pada bagian tabung kompresor. Oli akan secara otomatis terhisap dan masuk ke bagian kompresor AC mobil. Perlu dicatat bahwa siapkan takaran oli yang pas untuk kompresor AC.

Waktu Ideal Mengganti Oli Kompresor AC

Agar kompresor AC tetap terjaga, pemilik mobil harus mengganti oli kompresor AC secara rutin. Penggantian oli kompresor AC idealnya dilakukan 1 tahun sekali, atau jika mobil sudah menempuh 20.000 km. Selain itu, pemilik mobil juga perlu memastikan karakteristik oli dan refrigerant.

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas