Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona Saat Berkendara

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 June 2020

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona Saat Berkendara

momobil.id – Penyebaran virus corona di Indonesia membuat masyarakat khawatir untuk beraktivitas di luar. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona / COVID-19, seperti social distancing hingga stay at home. Selain itu, pengemudi juga dapat mencegah penyebaran virus lewat cara berkendara. Cara berkendara yang baik dan sesuai dengan peraturan kesehatan juga akan berdampak menekan penularan virus corona. Berikut adalah cara berkendara yang baik guna mencegah penyebaran virus corona.

Gunakan Masker

Pengemudi disarankan untuk menggunakan masker di dalam mobil. Hal ini bertujuan untuk menghindari droplets keluar mengenai kabin mobil. Selain menggunakan masker, pengemudi juga harus fokus saat menyetir mobil, dan mengurangi berbicara antar pengemudi dan penumpang.

Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Untuk menjaga kebersihan kabin mobil agar terhindar dari virus tidaklah sulit. Kedisiplinan dan kerapihan sangat diperlukan dalam menjaga kebersihan mobil. Barang-barang di dalam kabin harus dikelola secara demikian agar kabin mudah dibersihkan dan terhindar dari birus. Selain itu, sediakan tempat sampah tertutup di dalam mobil, dan sering melakukan pembersihan interior secara rutin. Pembersihan interior mobil bisa dilakukan sendiri, atau dibawa ke salon mobil. Pengemudi juga disarankan untuk menghindari kebiasaan menyimpan barang berlama-lama di dalam mobil.

Baca Juga : Meninggalkan Hand Sanitizer di Mobil, Apakah Berbahaya?

Hindari Membuka Kaca Mobil Terus Menerus

Salah satu cara untuk menekan penyebaran virus pada saat berkendara adalah menutup kaca mobil. Disarankan bagi pengemudi untuk tidak terlalu sering membuka jendela mobil jika memang tidak dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar debu, virus, bakteri, dan partikel kecil lainnya tidak masuk ke dalam kabin mobil.

Hindari Bepergian dengan Teman atau Keluarga yang Sakit

Hal yang paling penting untuk mencegah virus masuk ke dalam kabin mobil adalah dengan menghindari bepergian bersama orang yang sakit. Potensi virus menyebar ketika berkendara bersama teman atau keluarga yang sedang sakit cukup besar. Ketika teman atau keluarga batuk, maka akan mengeluarkan droplets dan dapat mengotorkan kabin. Tentunya virus juga akan lebih mudah mengendap di kabin mobil. Hal ini dapat membuat bibit penyakit bersarang di mobil, dan tentunya berbahaya bagi kesehatan.


Kembali ke atas