Cara Mencuci Mobil yang Benar Guna Mencegah Timbulnya Swirl Mark

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 23 September 2020

Cara Mencuci Mobil yang Benar Guna Mencegah Timbulnya Swirl Mark

momobil.id – Mencuci mobil merupakan kegiatan yang umum dilakukan pemilik mobil ketika melihat tampilan kendaraannya sudah kotor. Bagi yang mencuci sendiri, sebaiknya perlu mengetahui tips merawat mobil yang benar agar cat mobil tidak timbul baret halus, termasuk ketika musim hujan.

Tahapan pertama mencuci mobil yang benar yakni memilih tempat yang teduh dan tidak terpapar langsung sinar matahari. Pasalnya, jika langsung terkena sinar matahari, air dan maupun sabun yang masih menempel di body mobil akan cepat mengering dan akhirnya menimbulkan bercak pada cat.

Selanjutnya, siapkan peralatan mencuci mobil seperti sampo khusus mobil dan spon. Jangan gunakan kain atau benda lain yang memiliki permukaan kasar karena bisa menyebabkan baret halus. Usahakan menggunakan spon yang bahannya halus sehingga body mobil aman dari baret halus.

Ketika mencuci mobil, upayakan selalu menggunakan sampo khusus mobil karena bahannya sudah dirancang aman bagi cat mobil. Jangan sembarangan menggunakan sabun untuk mencuci mobil karena campuran kimianya belum tentu aman bagi cat mobil.

Jika dua hal tadi sudah terpenuhi, mencuci mobil bisa dimulai dengan membilas dulu body mobil menggunakan air bersih. Jangan langsung menggosok body mobil menggunakan sabun tanpa dibilas dahulu. Karena jika langsung digosok, debu kasar yang menempel pada body mobil akan ikut tergosok sehingga menimbulkan baret halus atau swirl mark. Bilas seluruh permukaan mobil menggunakan air agar debu yang menempel berjatuhan.

Jika debu yang menempel tampak sudah berjatuhan, lanjutkan dengan menggosok body mobil menggunakan sabun. Upayakan jangan terlalu lama membiarkan sabun menempel di body mobil karena hal ini dapat membuat warna mobil jadi bias. Sebaiknya segera bilas setelah selesai menggosok bagian tertentu guna menghindari sabun terlalu lama menempel di cat mobil.

Setelah proses ini selesai, proses berikutnya bisa dilanjutkan dengan pembilasan menyeluruh dan mengelap sisa-sisa air menggunakan kanebo. Jangan gunakan kain atau bahan lain yang memiliki permukaan kasar ketika mengelap mobil agar tidak muncul baret halus. Kemudian, bedakan kanebo yang digunakan untuk mengelap bagian body dan kaki-kaki seperti pelek. Hal ini bertujuan agar sisa debu yang menempel pada pelek tidak ikut terbawa ketika ingin mengelap bagian body mobil.

Saat mengelap mobil, buka satu persatu pintu guna mengeringkan sisa-sisa air yang berada di sela-sela pintu. Bagian bagasi, kap mobil, dan tutup tangki juga perlu dibuka untuk memastikan tidak ada air yang tersisa mengendap di sana. Tujuannya pun sama, agar air tersebut tidak mengering sendiri sehingga menimbulkan bercak.

Baca juga: Tips Membersihkan Kabin Mobil Guna Menghindari Virus dan Bakteri

Bila proses ini sudah selesai, bisa dilanjutkan dengan membersihkan bagian interior menggunakan vacuum cleaner. Jika masih menggunakan karpet beludru, bersihkan debu-debu yang menempel di karpet mobil menggunakan vacuum cleaner. Namun jika sudah menggunakan karpet berbahan karet atau PVC, bisa langsung mengeluarkan karpet tersebut dan dicuci di luar. Tunggu hingga kering sebelum memasukkannya kembali ke dalam mobil.

Begitu kira-kira tips mencuci mobil dan merawat bagian eksterior yang bisa dicoba, termasuk saat musim hujan. Jika kebersihan kendaraan senantiasa dijaga, maka pengemudi maupun penumpang akan lebih nyaman selama menggunakan mobil.


Kembali ke atas