Cara Mengikuti Program Recall Mitsubishi Xpander untuk Masalah Pompa Bensin

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 June 2020

Cara Mengikuti Program Recall Mitsubishi Xpander untuk Masalah Pompa Bensin

momobil.id – Mitsubishi Xpander belakangan ini dikabarkan mengalami kerusakan pada bagian fuel pump atau pompa bensin yang mengakibatkan mesin tidak bekerja. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun sudah mengumumkan recall atau kampanye perbaikan mobil low MPV tersebut.

Menurut Director of After Sales Service PT MMKSI, Eiichiro Hamazaki, masalah ini terjadi pada Xpander lansiran 11 Oktober 2017 hingga 31 Agustus 2019. Bagi pemilik Xpander yang tak mengalami kerusakan pada bagian pompa bensin maka ada baiknya juga melakukan pengecekan ke bengkel resmi. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara.

“Indikasinya ialah ketika fuel pump di dalam tangki berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja,” ujar Hamazaki.

Sementara itu, Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Dani Bastian, mengatakan, salah satu ciri pompa bensin Xpander bermasalah yaitu mesin yang mati secara mendadak padahal sistem kelistrikan berfungsi normal. “Setelah mati tidak bisa langsung hidup. Jadi kebanyakan mobil tiba-tiba berhenti, kemudian tidak bisa distarter,” ujar Dani kepada Kompas.com.

Menurut Dani, matinya mesin Xpander yang bermasalah pada pompa bensin kebanyakan terjadi saat mobil dalam keadaan statis. “Ada beberapa kasus yang tiba-tiba mati saat dikendarai. Tapi paling banyak mobil mati saat keadaan diam, misal pagi-pagi mau starter tapi tidak nyala. Ada yang lagi di SPBU, selesai isi bensin tiba-tiba mobil tidak nyala,” katanya.

Baca juga: Kiat Perawatan Body Mobil agar Tampilannya Tetap Sedap Dipandang

“Tapi sebetulnya setelah kita cek, setelah mobil mengalami gejala tersebut dan didiamkan, dia nyala lagi. Jadi enggak selalu muncul masalahnya,” sambungnya.

Adapun program recall ini melibatkan sebanyak 139.111 unit Mitsubishi Xpander produksi 2017 sampai 2019. Kampanye perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander, dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan.

Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar satu jam/unit, dan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar dua jam/ unit. Kampanye perbaikan akan dimulai pada 22 Juni 2020 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.

Seperti dilansir Liputan6.com, konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kampanye perbaikan ini dan dapat berpartisipasi dengan metode berikut:

Datang ke dealer resmi

Konsumen terkait dapat datang ke diler resmi Mitsubishi Motors untuk melaksanakan pemeriksakan pada kendaraannya dan bila ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan.

Untuk memudahkan pelaksanaan kampanye perbaikan konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi My Mitsubishi ID.

Fasilitas home service

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada situasi pandemi saat ini maka, konsumen dapat melaksanakan kampanye perbaikan ini dengan memanfaatkan layanan Home Service dimana pelaksanaan kampanye perbaikan dilakukan di rumah konsumen, sebagai pilihan tambahan dari opsi datang langsung ke diler.

Bila ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan. Konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi My Mitsubishi ID.



Kembali ke atas