Momobil.id

Cara Menutup Kap Mesin Mending Dibanting atau Ditekan? Ini Kata Ahlinya

Ilustrasi kap mobil

momobil.id – Seperti diketahui, ada dua cara menutup kap mesin mobil yang umum dilakukan yakni dengan dibanting hingga mengunci sendiri atau menekan ujung kap mesin agar pengaitnya bekerja dan terkunci.

Dari dua cara tersebut, sebenarnya mana yang lebih dianjurkan? Cara menutup kap mesin mobil yang paling dianjurkan ternyata dengan cara membanting atau melepasnya dari ketinggian tertentu. Meskipun akan terdengar suara benturan yang keras, cara tersebut yang paling benar ujar Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi.

Cara menekan kap mesin bukannya tak boleh dilakukan, karena bisa lebih senyap dan lembut. Namun ingat lagi, jika kebetulan telapak tangan kotor karena minyak pelumas atau cairan lain, cairan tersebut berpotensi menempel di permukaan kap mesin dan bisa merusak eksterior.

Tak cuma itu, tekanan yang tidak terlalu kuat akan mengakibatkan kap mesin gagal mengunci, sehingga perlu ditekan lagi. Makanya jika dilakukan terus menerus menurut Bambang malah bisa merusak penutup area dapur pacu mobil. “Memang seperti itu, jadi hindari menekan ujung kap mesin agar terkunci. Misalnya ditekan berulang, cat bisa lecet dan kap mesin malah penyok atau bengkok,” terangnya kepada kumparan belum lama ini.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Berbanderol Rp100 Jutaan dari Kelas LCGC Hingga SUV

Namun perlu diperhatikan, ketika memilih untuk membanting kap mesin pastikan tidak ada orang di sekitar. Apalagi tangan yang masih menyentuh bagian depan mobil, sebagai preventif jari tak terjepit. Sebenarnya, kata Bambang, tak perlu sampai membanting atau mendorong dari atas hingga mengunci. Sebab kap mesin umumnya punya bobot yang berat, sehingga tanpa perlu gaya dorong sesuai gravitasi akan menekan pengaitnya hingga terkunci.

“Misal sejengkal atau sekitar 30 cm, lalu lepas, nggak perlu dibanting dia akan mengunci,” imbuhnya. Pastikan kap mesin sudah tertutup sempurna. Dalam artian tak ada celah longgar antara bonnet dengan panel grille mobil. Bila masih berjarak, artinya kap mesin belum tertutup dengan baik.

Exit mobile version