Ini Dia, Cara Menyetel Lampu Mobil Paling Mudah

Ditulis oleh : admin | 29 June 2018

Ini Dia, Cara Menyetel Lampu Mobil Paling Mudah

Lampu Mobil | Setel Lampu Mobil

momobil.idLampu mobil bagian depan (headlamp) merupakan salah satu penunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Fitur ini krusial fungsinya pada malam hari. Ia menjaga visibilitas pengendara ke jalanan tetap jelas sekaligus mempertegas keberadaan kendaraan dari arah berlawanan.

Salah satu yang perlu diperhatikan pengemudi terkait lampu mobil bagian depan adalah ketinggian sorot lampu. Bila terlalu tinggi, pengendara malah tidak bisa melihat jalanan berlubang atau rintangan lain di depannya. Sorot lampu terlalu tinggi juga bisa menyilaukan pandangan pengemudi lain dari arah sebaliknya. Sementara, bila terlalu rendah, dapat mengganggu kenyamanan dan fokus jarak pandang.

Menyetel ketinggian sorot lampu mobil sebenarnya tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri. Bila mobil sudah dilengkapi pengatur sorot lampu otomatis (autoleveling headlamp) tentu tidak sampai repot dan tidak menyetelnya dari dalam kabin. Namun, bila tidak, pengaturan bisa dilakukan secara manual.

Berikut langkah menyetel ketinggian sorot lampu secara manual yang momobil.id rangkum dari WikiHow dan berbagai sumber lain:

1. Parkir Mobil di Jalan Rata

Pastikan menempatkan mobil di jalanan rata menghadap tembok atau pintu garasi dengan jarak kira-kira 3 meter hingga 4,6 meter.

2. Nyalakan Lampu-lampu Depan

Jangan nyalakan lampu jauh atau lampu kabut. Bubuhkan tanda ‘+’ (bisa menggunakan selotip hitam) pada tembok atau pintu garasi untuk menandai garis tengah horizontal dan vertikal ideal pada cahaya sorotan lampu.

3. Pastikan Posisi Kedua Lampu Sama Rata

Gunakan meteran untuk mengukur jarak tanda bagian bawah pada tembok. Pastikan kedua garis tengah ini sama rata pada ketinggian tidak lebih dari 1,1 m dari permukaan jalan.

4. Mundurkan Mobil

Ambil jarak 7,6 m dari tembok atau pintu garasi.

5. Buka Kap Mobil

Buka kap mobil lalu bukalah ring trim lampu-lampu tersebut dan carilah sekrup-sekrupnya/baut-bautnya. Umumnya ada satu sekrup atau baut di bagian atas lampu mobil untuk mengatur posisi lampu secara vertikal dan sekrup/baut lain di bagian samping lampu  mobil untuk horizontal.

6. Putar Sekrup atau Baut

Putar sekrup/baut bagian atas searah jarum jam atau sebaliknya untuk mengatur sorot vertikal. Lalu putar sekrup atau baut bagian samping untuk mengatur posisi lampu secara horizontal. Atur sorot lampu mobil pas dengan tanda yang sudah ditempel di tembok.

Oleh : Putra. P

Fotor : Istimewa

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas