Cara Mudah dan Tepat Membersihkan Interior Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 July 2023

Cara Mudah dan Tepat Membersihkan Interior Mobil

momobil.id – Selain bagian eksterior dan mesin, perawatan pada bagian interior mobil juga wajib dilakukan. Salah satu cara agar interior mobil bersih dan tampak seperti baru adalah dengan membersihkan secara rutin.

Interior yang tidak pernah dibersihkan tentunya akan kusam dan muncul bau tidak sedap. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan pengendara atau penumpang ketika dalam perjalanan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara membersihkan interior mobil dengan tepat.

1. Persiapkan Alat Pembersih Mobil

Langkah pertama membersihkan mobil adalah menyiapkan terlebih dahulu alat pembersih yang akan digunakan. Peralatan untuk membersihkan interior tentu beda dengan eksterior. Pemilik mobil membutuhkan kain micro fiber, cairan pembersih, vacuum cleaner, sikat kecil, dan kuas kecil.

2. Bersihkan Debu Menggunakan Vacuum Cleaner

Sebelum membersihkan bagian interior mobil lainnya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedut debu pada bagian jok, konsol tengah, kolong jok mobil, dan bagian lainnya.

3. Membersihkan Dashboard Mobil dan Konsol Box

Bagian dashboard mobil juga menjadi sarang kotoran dan debu. Bersihkan bagian dashboard mobil dengan cara menyemprotkan cairan pembersih khusus. Kemudian, keringkan dengan lap micro fiber.

Selain dashboard, bagian konsol tengah juga wajib dibersihkan. Semprotkan cairan pembersih pada konsol box, kemudian lap menggunakan kain microfiber. Untuk bagian sela-sela konsol box, pemilik mobil bisa membersihkannya dengan kuas, kemudian lap kembali menggunakan kain microfiber.

4. Membersihkan Jok Mobil

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan jok pada interior mobil adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu pada jok mobil.

Kemudian, gunakan cairan pembersih untuk membersihkan noda atau kotoran yang menempel pada jok. Ada beberapa jenis jok yang beredar di pasaran, misalnya kulit, fabrik, atau kulit sintetis. Sesuaikan cairan pembersih dengan material pembungkus jok.

5. Membersihkan Door Trim

Bagian door trim perlu dibersihkan agar interior terlihat bersih. Door trim pada umumnya terdiri dari dua jenis material, yaitu plastik pada bagian atas dan fabrik atau kulit pada bagian bawah. Gunakan cairan pembersih sesuai peruntukkannya.

Baca Juga: Kenali Efek Buruk Merokok di Dalam Kabin Mobil

6. Vacuum Karpet dan Lantai Mobil

Bagian interior yang mudah kotor adalah lantai mobil. Sebelum membersihkan lantai mobil, angkat dahulu karpet kemudian cuci karpet tersebut dan jemur hingga kering.

Lanjutkan dengan membersihkan lantai mobil dengan vacuum cleaner. Setelah kotoran pada lantai mobil terangkat, bersihkan sudut lantai mobil menggunakan kuas atau sikat gigi. Untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel, gunakan kembali vacuum cleaner.

7. Bersihkan Jendela Kaca Mobil

Debu dan kotoran yang menempel bisa membuat jendela mobil menjadi buram dan kotor. Gunakan pembersih kaca untuk membersihkan jendela kaca dalam mobil. Bersihkan dengan gerak melingkar, kemudian lap dengan lap khusus agar kaca mobil tidak tergores.

8. Bersihkan Kisi-Kisi AC dengan Kuas

Debu bisa saja menempel pada bagian kisi-kisi AC. Apabila bagian tersebut kotor dan berdebu, maka udara yang dihembuskan kotor dan tidak dingin. Oleh karena itu, bersihkan kisi-kisi AC secara rutin.

Untuk membersihkannya, pemilik mobil bisa menggunakan kuas agar terhindar dari debu dan kotoran. Kisi-kisi AC yang bersih tentu membuat kinerja AC lebih maksimal dan mampu mengeluarkan udara lebih segar.

9. Membersihkan Plafon Mobil

Salah satu tempat debu dan kotoran bersarang adalah plafon mobil. Oleh karena itu, plafon wajib dibersihkan. Untuk membersihkan plafon pemilik mnobil hanya menggunakan kain yang lembab, kemudian gosokkan. Lap plafon yang basah menggunakan lap bersih yang kering.

10. Rutin Membersihkan Interior

Supaya interior mobil tetap awet dan tidak kusam, pemilik mobil perlu membersihkannya secara rutin. Mobil dibersihkan setelah selesai berkendara. Membersihkan mobil secara detail bisa dilakukan setidaknya seminggu sekali atau satu bulan dua kali.

11. Sediakan Tempat Sampah Mini dalam Kabin Mobil

Terkadang pemilik mobil akan membuang sampah sembarangan apabila tidak ada tempat sampah. Biasanya, sampah bisa saja ditaruh di pegangan pintu atau lantai mobil. Agar interior selalu bersih, siapkan tempat sampah mini di dalam kabin mobil. Sediakan minimal satu buah tempat sampah pada mobil. Sisipkan pula tempat sampah pada baris paling belakang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan interior kendaraan. Untuk tips dan trik perawatan mobil lainnya, klik di sini!

mobil terkait

Rp 121.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 128.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 197.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 184.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 198.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 169.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas