Cara Mudah Melakukan Engine Break pada Mobil Matik

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 19 June 2020

Cara Mudah Melakukan Engine Break pada Mobil Matik

momobil.id – Pada mobil dengan transmisi manual, melakukan engine break cukup memindahkan gigi ke yang lebih kecil. Misalnya dari gigi empat ke gigi tiga, dan seterusnya. Lalu, bagaimana melakukan engine break pada mobil matik yang perpindahan giginya tak seperti mobil manual?

Seperti diketahui, engine break merupakan upaya menahan laju mobil dengan memanfaatkan putaran mesin. Melakukan engine break juga bisa membantu kinerja sistem pengereman. Jika pada mobil manual cukup memindahkan gigi, bagaimana melakukan engine break pada mobil matik agar kerja pengereman lebih ringan?

Ternyata cara melakukan engine brake untuk mobil matic bisa dilakukan dengan down shift. Untuk transmisi yang mempunyai fitur over drive atau O/D bisa dengan cara menonaktifkan fitur tersebut guna menurunkan posisi transmisi. Karena dengan O/D percepatan mobil akan ditahan di gigi yang sama.

Pada engine break mobil matic yang tidak mempunyai over drive, bisa langsung menurunkan posisi transmisi dari D ke 3, 2 atau L. Akan tetapi yang harus diperhatikan bahwa rpm mesin harus dalam keadaan yang pas ketika melakukan down shift.

Tapi jika mobil sudah dilengkapi dengan fitur paddle shift, pengemudi bisa langsung mengurangi posisi transmisi dengan paddle shift. Kurang lebih cara kerjanya sama seperti mobil bertransmisi manual.

Baca juga: Awas Limbung! Ini Efek Negatif Ban Kelebihan Tekanan Angin

Fitur ini akan membantu melakukan engine brake tanpa perlu mengganti tuas persneling. Sedangkan untuk mobil dengan transmisi manual, engine brake bisa dilakukan dengan menurunkan posisi transmisi ke posisi yang lebih rendah. Bisanya engine brake bisa dilakukan ketika putaran mesin ada di kisaran 3.000 rpm.

Adapun jika saat tengah berkendara dalam kecepatan tinggi dan tiba-tiba harus menurunkan kecepatan, sebaiknya pengguna mobil matik langsung menaikan posisi transmisi dari D ke 2. Dengan demikian, kecepatan mobil akan langsung berkurang tanpa harus mengerem.

Jika dilakukan secara benar, engine brake tidak menimbulkan kerusakan mesin. Lakukan penurunan gigi secara bertahap, jangan langsung loncat ke level transmisi paling rendah. Bila pada mobil matik, umumnya level D, turun ke level 2 baru ke Low (L).


Kembali ke atas