Cara Mudah Membersihkan Karpet Mobil Saat Karantina Diri

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 April 2020

Cara Mudah Membersihkan Karpet Mobil Saat Karantina Diri

momobil.id – Kebersihan mobil harus sering dijaga agar kita tetap nyaman dalam menggunakannya. Saat karantina diri merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan mobil, terutama pada bagian interior. Interior mobil merupakan salah satu bagian utama yang harus dibersihkan agar mobil tetap nyaman untuk digunakan. Salah satu komponen penting pada interior mobil adalah karpet. Karpet merupakan salah satu komponen interior mobil yang mudah kotor dan berdebu. Oleh karena itu penting untuk membersihkan karpet mobil secara rutin.

Setiap mobil dilengkapi oleh karpet dasar. Karpet ini berfungsi sebagai pelapis antara plat dasar dengan kabin mobil. Material yang digunakan biasanya berbahan beludru kasar. Karpet beludru biasanya gampang kotor, oleh maka itu perlu dibersihkan secara rutin. Berikut tips mudah membersihkan karpet mobil.

Memilih Sikat yang Tepat

Untuk membersihkan karpet mobil, penting untuk memiliki sikat yang tepat. Sikat memiliki tekstur bulu yang berbeda, ada yang halus dan lembut. Untuk kendaraan dengan karpet beludru halus disarankan menggunakan sikat dengan bulu halus agar lapisan beludru tetap halus dan lembut. Kendaraan dengan karpet beludru kasar disarankan untuk menggunakan sikat berbulu padat dan lebih keras. Sikat ini dapat memberikan kemudahan dalam mengangkat debu dan kotoran. Tidak hanya untuk karpet beludru, sikat juga dapat digunakan untuk membersihkan karpet kulit dan karet.

Gunakan Vacuum Cleaner

Sebelum membersihkan karpet lebih lanjut, ada baiknya menggunakan vacuum cleaner. Setiap karpet memiliki serat dan tekstur yang berbeda, seperti bahan beludru dan PVC. Agar perawatan lebih mudah, gunakan vacuum cleaner untuk memastikan tidak ada debu atau remah-remah yang tertinggal pada karpet.

Baca Juga : Dua Manfaat Menggunakan Peredam di Bagian Interior Mobil

Gunakan Sabun dan Air Untuk Membersihkan Karpet

Untuk karpet dasar, sebaiknya dibersihkan menggunakan sabun anti bakteri dan air. Karpet dasar dikeluarkan terlebih dahulu dan dibasahi dengan air bersih secara merata. Basahi karpet dengan air yang banyak agar kotoran atau noda yang mengeras nantinya lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah itu, olesi karpet dengan sabun atau shampoo mobil secukupnya. Usahakan mengolesi sabun lebih banyak pada kotoran atau noda yang menempel pada karpet.

Karpet dasar yang sudah selesai dicuci kemudian harus dijemur agar kondisi kering secara sempurna. Dengan demikian interior mobil akan lebih nyaman, bersih dan wangi.

Bersihkan Secara Rutin

Karpet harus dibersihkan secara rutin agar kabin mobil lebih bersih dan nyaman. Bersihkan karpet dasar secara berkala setidaknya dua minggu sekali. Hal ini tentunya membuat karpet lebih bersih dan tidak ada noda, debu ataupun kotoran yang menempel pada karpet



Kembali ke atas