Cara Reset Head Unit Mobil yang Mudah dan Benar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 22 September 2022

Cara Reset Head Unit Mobil yang Mudah dan Benar

momobil.idHead unit merupakan salah satu pusat hiburan pada mobil. Hingga saat ini, head unit tidak hanya bisa memutar radio saja. Head unit sudah bisa tersambung dengan perangkat lain atau dengan smartphone. Namun, tidak jarang head unit mobil mengalami masalah. Cara paling mudah untuk memperbaikinya adalah melakukan reset atau menghidupkan ulang. Lantas, bagaimana cara reset head unit mobil yang tepat?

Penyebab Head Unit Harus Di-reset

Ada berbagai macam masalah yang dapat terjadi pada head unit. Timbulnya masalah tersebut membuat head unit perlu dilakukan reset ulang. Berikut adalah masalahnya.

1. Layar Head Unit Sering Mati

Seiring dengan pemakaian, timbul beberapa permasalahan pada head unit. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah layar head unit yang mati. Jika hal ini terjadi, maka pemilik mobil bisa melakukan reset head unit. Apabila head unit masih bermasalah, pemilik mobil bisa ke bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan.

2. Suara Head Unit Tidak Jernih

Ketika head unit dinyalakan, terkadang suara yang dihasilkan oleh speaker tidaklah jernih. Jika hal ini terjadi, pemilik mobil bisa melakukan reset head unit, atau memeriksa kembali speaker pada kendaraan.

3. Sulit Tersambung dengan Perangkat Bluetooth

Head unit yang saat ini beredar sudah dilengkapi dengan perangkat Bluetooth. Seiring dengan penggunaan, terkadang head unit sulit tersambung dengan perangkat Bluetooth. Jika terjadi demikian, maka pemilik mobil perlu melakukan reset head unit.

4. Layar Sentuh yang Mengalami Kegagalan Fungsi

Head unit saat ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh. Kerusakan panel LCD pada layar sentuh mampu merusak layar tersebut. Akibatnya, layar akan sulit merespon terhadap titik sentuh. Biasanya, kerusakan ini bisa ditangani dengan mereset head unit. Apabila kerusakan terlalu parah, maka disarankan untuk membetulkan head unit ke bengkel profesional.

5. CD Tidak Terbaca

Ketika hendak memutar musik menggunakan CD, terkadang CD tidak bisa diputar karena kerusakan optik. Namun, salah satu penyebab dari CD yang tidak bisa terbaca karena head unit yang bermasalah. Reset head unit bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal ini.

6. USB Tidak Terbaca

Head unit biasanya memiliki colokan USB. Colokan USB pada head unit terkadang bermasalah dan tidak terbaca. Perangkat ini tidak bisa merespon sisi flashdisk ketika dicolok berulang-ulang.

Baca Juga: Tips Merawat Dashboard Mobil agar Tidak Kusam

Cara Reset Head Unit Mobil dengan Benar

Agar head unit kembali bekerja dengan optimal, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk reset head unit pada mobil. Cara berikut ini mudah dan cepat untuk dilakukan, sehingga pemilik mobil tidak perlu membawa ke bengkel.

1. Lepas Seluruh Kabel pada Head Unit

Cara pertama untuk melakukan reset head unit adalah dengan mencabut seluruh kabel head unit. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan alat yang dibutuhkan, seperti obeng minus dan plus, serta senter.

Setelah bahan sudah siap, buka panel head unit secara perlahan, kemudian lepas semua kabel soket yang terhubung dengan panel. Lepaskan baut yang terpasang pada head unit, dan angkat head unit mobil.

Lepaskan kabel soket yang terhubung pada bagian dalam head unit. Tunggulah beberapa saat, kemudian pasang kembali seluruh kabel soket pada tempatnya masing-masing. Pasang kembali head unit dan panelnya seperti semula.

2. Melepas Seluruh Switch pada Head Unit

Selain melepas kabel head unit, pemilik mobil juga bisa melepas switch head unit dari dudukannya. Siapkan terlebih dahulu alat yang dibutuhkan, yaitu obeng minus, obeng plus dan senter. Langkah selanjutnya, lepaskan head unit dari dudukannya.

Setelah melepas head unit, angkat head unit dan lepaskan switch yang terpasang pada bagian belakang head unit. Tunggu beberapa saat dan pasang kembali switch pada tempatnya. Nyalakan kembali head unit untuk melihat hasilnya.

3. Reset Head Unit Menggunakan Pin

Cara terakhir merupakan cara yang cukup mudah dan tidak perlu melepaskan head unit. Apabila head unit pada mobil bisa di-reset menggunakan pin, maka pemilik mobil dapat melakukan cara ini.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan pin yang biasa digunakan untuk mengeluarkan kartu nomor pada telepon genggam. Nyalakan tape mobil untuk melakukan proses reset, kemudian periksa apakah ada lubang kecil di atas lubang jack output. Masukan pin ke dalam lubang kecil tersebut jika ada, kemudian tekan dan tahan hingga layar head unit melakukan reset.

Perawatan Head Unit Mobil

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk merawat head unit pada mobil. Berikut ini adalah cara-caranya.

1. Matikan Head Unit Sebelum Mematikan Mesin

Salah satu hal yang perlu dihindari adalah mematikan mesin dalam kondisi head unit menyala. Untuk menghindari kerusakan pada komponen head unit, lebih baik untuk mematikan head unit terlebih dahulu sebelum mematikan mesin. Langkah terbaik adalah dengan mengeluarkan CD, lalu mematikan head unit dengan menekan tombol off.

2. Pastikan Kondisi Aki Baik

Kondisi aki yang tidak prima dapat menyebabkan pasokan listrik ke komponen lainnya dan head unit tidak menjadi stabil. Arus listrik yang tidak stabil tentu dapat merusak head unit serta komponen lainnya.

3. Menggunakan Remote Control

Penggunaan remote control pada head unit dapat mempermudah pengguna untuk mengatur head unit. Selain itu, remote control juga bisa membuat head unit lebih awet karena mengurangi sentuhan jari berlebihan pada layar.

Kotoran atau minyak dari jari biasanya dapat membuat layar head unit menjadi kotor. Pemilik mobil bisa mengatasinya dengan mengelap permukaan layar menggunakan lap kering.

4. Hindari CD Bajakan, Kotor atau Rusak

Ketika memutar CD pada head unit, sebaiknya gunakan CD atau DVD yang original, bukan bajakan. CD atau DVD bajakan dapat membuat komponen head unit tidak awet akibat beban optik. Selain itu, suara yang dihasilkan oleh CD atau DVD bajakan tidak sebagus yang dihasilkan oleh versi originalnya.

Pastikan juga CD yang dimasukkan dalam kondisi baik. Jika CD kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan pembersih kacamata. Selain itu, usahakan tidak menggunakan CD yang tergores cukup banyak. CD yang memiliki banyak goresan dapat memperberat kerja optik dari head unit.

5. Manfaatkan Media Penyimpanan File

Agar optik pada head unit lebih awet, pemilik mobil bisa menggunakan media pemutar lain yang tersedia pada head unit. Media tersebut antara lain adalah USB, SD Card, hingga memanfaatkan koneksi Bluetooth.

Bagi yang hendak menggunakan USB atau SD Card, hindari menyimpan file yang terlalu banyak. Head unit perlu bekerja keras untuk membaca media apabila data yang disimpan terlalu banyak.

6. Hindari Benturan Keras pada Mobil

Salah satu cara untuk merawat head unit adalah dengan hati-hati berkendara. Hindari menghantam jalanan yang rusak dalam kecepatan tinggi. Hal tersebut mampu merusak head unit.

7. Jaga Kebersihan Interior Mobil

Hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil adalah menjaga kebersihan dari kabin mobil. Dengan kabin mobil bersih, otomatis menghindari debu yang masuk ke dalam komponen elektronik head unit. Apabila head unit kotor dan berdebu, sebaiknya lap menggunakan kain bersih, tissue basah, atau cleaner khusus.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas