Cara Tepat Melakukan Teknik Engine Brake pada Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 25 May 2022

Cara Tepat Melakukan Teknik Engine Brake pada Mobil

momobil.id – Pengemudi perlu belajar teknik berkendara yang baik untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Salah satu teknik yang penting untuk diketahui adalah engine brake. Tidak hanya menggunakan rem, pengemudi bisa memperlambat mobil menggunakan teknik engine brake. Teknik ini biasanya digunakan saat melewati jalan yang menurun atau curam.

Engine brake biasanya menjadi salah satu tindakan preventif untuk mengantisipasi kerusakan pada rem. Teknik ini biasanya dilakukan dua cara berdasarkan transmisi mobil. Untuk transmisi manual, pengemudi melepas pedal gas secara perlahan sambil menurunkan transmisi ke gigi rendah. Sementara untuk mobil matik, pengemudi dapat memindahkan transmisi dari D ke 2 atau melepas pedal gas secara perlahan. Teknik engine brake juga dilakukan saat situasi darurat, di mana kinerja rem tidak optimal dalam memperlambat laju kendaraan.

Baca Juga: Agar Tidak Panik, Simak Tips Berkendara di Tanjakan untuk Mobil Manual

Meskipun dapat memperlambat laju kendaraan tanpa mengerem, teknik engine brake pada mobil harus dilakukan dengan benar. Menurut Norman Syam selaku Trainer Indonesia Safety Driving Center (ISDC), teknik engine brake yang salah adalah ketika pengemudi tetap menginjak gas di putaran tinggi, sedangkan transmisi sudah berada pada putaran rendah. Oleh karena itu, untuk melakukan teknik engine brake, pengemudi perlu melihat radius per meter (RPM) terlebih dahulu pada takometer.

“Jadi pada saat engine brake kita harus melihat takometer RPM-ya berapa. Sehingga jangan sampai pada saat mau berhenti di gigi rendah, RPM malah tinggi. Itu bisa merusak mobil,” kata Norman dilansir dari Kompas.com.

Setelah melihat RPM, teknik melakukan engine brake yang benar adalah dengan cara melepas gas secara perlahan, kemudian menurunkan transmisi ke posisi yang lebih rendah secara bertahap. Misalnya, dari gigi 4, turun ke gigi 3 tanpa kembali digas. Melakukan teknik engine brake yang benar dapat membantu proses pengereman hingga 50 persen.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas