Catat! Ini 5 Titik Lokasi Tilang Uji Emisi di Jakarta

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 November 2023

Catat! Ini 5 Titik Lokasi Tilang Uji Emisi di Jakarta

momobil.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Polda Metro Jaya kembali menerapkan tilang uji emisi di beberapa titik lokasi Jakarta. Razia uji emisi ini diadakan mulai Rabu (1/11) hingga akhir tahun.

Uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi kinerja dari mesin, serta mengetahui kadar gas buang kendaraan. Uji emisi pada mesin bensin berfokus mengetahui kadar udara, air, dan gas yang meningkat akibat pembakaran mesin yang tidak sempurna. Sementara uji emisi pada mesin diesel berfokus pada tingkat kepekatan gas buang yang dihasilkan.

Tilang uji emisi sendiri sebelumnya sudah pernah diadakan pada September 2023 lalu. Kini, pihak Pemrpov DKI Jakarta kembali mengadakan razia uji emisi dengan berbagai penyempurnaan pada pelaksanaannya.

Lokasi Tilang Uji Emisi

Tilang uji emisi diadakan di lima titik lokasi. Meskipun demikian, perubahan lokasi tilang emisi bisa saja terjadi apabila pihak Polres menemukan lokasi yang lebih tepat untuk melakukan razia. Berikut merupakan titik lokasi tilang uji emisi di DKI Jakarta.

  1. Jalan Perintis Kemerdekaan seberang eks Terminal Pulo Gadung.
  2. Pintu Keluar Terminal Blok M, Jakarta Selatan
  3. Jalan Lingkar Luar Meruya
  4. Jalan Lodan (sebelum Gerbang Tol Ancol Timur, Jakarta Utara)
  5. Jalan Pemuda, Jatinegara, Jakarta Timur (depan Antam)

Razia uji emisi tersebut tidak diberlakukan setiap hari. Kasubdit Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Patra menyebutkan bahwa razia akan diberlakukan pada hari Senin – Jumat. Tidak ada razia yang dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu.

Baca Juga: Razia Uji Emisi Kembali Digelar per 1 November 2023 di Jakarta

Kendaraan yang Terkena Razia

Tidak semua kendaraan terkena tilang uji emisi ini. Kriteria kendaraan yang bakal dikenakan razia uji emisi tertulis dalam Peraturan Gubernur No.66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, Pasal 2.

Tertulis bahwa mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor yang batas usianya lebih dari 3 tahun akan dikenakan razia uji emisi. Ketentuan tersebut dibuat berdasarkan asumsi kondisi rata-rata kendaraan setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Kendaraan dengan masa pakai kurang dari 3 tahun dianggap memenuhi syarat dan ketentuan emisi yang berlaku. Sementara kendaraan yang berumur lebih dari 3 tahun akan ada penurunan kualitas emisi.

Denda

Aturan mengenai tilang uji emisi tercantum dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 285 ayat 1 dan 2, serta Pasal 286. Pada aturan tersebut, setiap kendaraan bermotor diwajibkan memenuhi persyaratan lulus uji emisi gas buang.

Pemilik kendaraan roda dua yang tidak memenuhi persyaratan lulus uji emisi akan dikenakan sanksi berupa pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250.000,-. Sementara pemilik kendaraan roda empat yang tidak lolos uji emisi akan dikenakan sanksi berupa pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000,-.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 100.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas