Cek 6 Komponen Mobil Berikut Saat Kemarau Tiba!

Ditulis oleh : admin | 4 June 2018

Cek 6 Komponen Mobil Berikut Saat Kemarau Tiba!

Komponen Mobil | Cek Komponen Mobil 

momobil.id – Musim hujan berlalu, giliran kemarau datang. Seperti kepada manusia, pergantian musim atau biasa disebut pancaroba juga bisa mempengaruhi kesehatan mobil jika komponennya luput diperiksa dan dirawat.

Berikut 6 komponen mobil yang butuh dicek saat memasuki musim kemarau yang tim redaksi momobil.id rangkum dari berbagai sumber:

1. Cek komponen pengapian dan kelistrikan

Periksalah aki, busi, dan kabel-kabel kelistrikan. Saat musim hujan, air dan suhu udara dingin serta lembap kerap membuat komponen mobil penting itu bekerja keras. Lakukan pengetesan baterai juga pengapian. Pastikan keduanya masih bekerja baik. Jika melemah, lakukan penggantian.

2. Cek ban mobil

Jalanan licin bisa mempercepat kerusakan ban. Periksalah kondisi ban, mulai dari tekanan hingga permukaan, dan ketebalannya. Pertimbangkan untuk mengganti ban jika kondisinya sudah aus atau tidak layak.

3. Suspensi

Tak sedikit pengendara yang tanpa sengaja menerabas lubang-lubang tertutup air saat musim hujan. Benturan itu dapat mempengaruhi kinerja kaki-kaki mobil. Cek komponen suspensi mobil, pastikan tetap bekerja dengan baik. Periksa juga kemungkinan sisa-sisa lumpur atau kotoran yang bisa menghambat performa kaki-kaki mobil.

4. Rem

Cek juga apakah masih ada sisa lumpur, air, atau kotoran yang menempel pada komponen rem mobil. Periksa mulai dari brake pad, selang, dan minyak rem. Jika ada segera bersihkan. Bila dibiarkan telalu lama kotoran atau lumpur bisa mengering/mengendap dan menganggu kinerja  komponen mobil lain.

5. Saringan udara

Bersihkan dengan segera jika filter udara terlihat masih kotor pascamusim hujan. Pastikan pasokan udara ke mesin tidak sampai terhambat kotoran.

6. Wiper

Penyapu air di kaca mobil ini paling bekerja keras selama musim hujan. Periksalah jika ada retakan atau getas pada karet wiper mobil. Jika ada, gantilah dengan yang baru.

Selamat mencoba!

Oleh: Putra. P

Foto : Istimewa

mobil terkait

Rp 132.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 129.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 405.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas