Cek 8 Komponen Ini saat Melakukan Servis Ringan Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 January 2024

Cek 8 Komponen Ini saat Melakukan Servis Ringan Mobil

momobil.id – Perawatan mobil perlu dilakukan agar kondisi kendaraan tetap optimal dan awet. Salah satu cara melakukan perawatan pada mobil adalah servis ringan secara berkala. Pada umumnya, servis ringan mobil dilakukan setiap 5.000 km. Lantas, apa saja komponen mobil yang perlu dicek ketika melakukan servis ringan?

1. Oli dan Filter

Oli merupakan salah satu komponen yang penting untuk menjaga kondisi mesin tetap optimal. Komponen ini berfungsi untuk melumasi mesin agar proses pembakaran menjadi sempurna. Kualitas oli yang buruk tentu dapat berpengaruh terhadap kinerja mesin.

Pergantian oli biasanya dibarengi dengan penggantian filter oli. Filter oli berfungsi sebagai penyaring kotoran. Apabila filter oli kotor, maka kotoran akan masuk ke dalam mesin dan mempengaruhi performa dari kendaraan. Oleh karena itu, penggantian oli dan filter oli perlu dilakukan secxara berkala.

Lakukan pergantian oli pada bagian mesin dan transmisi. Idealnya, penggantian oli dilakukan setelah menempuh jarak 1.000 km pertama. Setelah itu, oli bisa diganti setiap 6 bulan sekali atau kelipatan 5.000 km.

2. Busi

Pada mesin mobil, busi berfungsi menciptakan ledakan pada ruang bakar dan membakar bahan bakar yang terkompresi. Seiring dengan pemakaian, busi menjadi kotor dan tentunya berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar mobil. Oleh karena itu, pergantian busi perlu dilakukan setiap kelipatan 20.000 km.

3. Filter Mobil

Salah satu komponen mobil yang juga penting dilakukan pengecekan saat servis ringan adalah filter. Filter udara memiliki fungsi menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. Komponen ini perlu dilakukan penggantian agar udara yang disalurkan ke mesin bersih.

Selain filter udara, pemilik mobil juga perlu mengganti filter AC. Filter AC yang kotor dapat membuat sirkulasi udara dalam kabin menjadi kotor, bahkan AC jadi panas dan mengeluarkan bau tidak sedap.

4. Kampas Rem dan Minyak Rem

Seiring dengan pemakaian, kinerja kampas rem menjadi tidak pakem

Baca Juga: Mengapa Mobil Baru Penting Melakukan Servis Pertama 1000 Km?

5. Ban

Ban mobil merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Seiring dengan penggunaan, kondisi ban mobil akan menjadi aus. Oleh karena itu, lakukan pengecekan kondisi ban secara berkala. Periksa bagian alur ban apakah sudah tipis atau tidak.

Selain melakukan pengecekan kondisi ban, spooring dan balancing juga perlu dilakukan ketika servis ringan. Spooring adalah proses meluruskan dudukan empat roda mobil sesuai dengan pengaturan pabrikan. Sementara balancing adalah proses menyeimbangkan ban mobil. Hal ini dilakukan agar mobil tetap stabil saat berkendara.

6. Kaki-Kaki

Komponen yang wajib dilakukan pengecekan ketika servis berkala adalah kaki-kaki. Periksa beberapa komponen seperti stabilizer, bushing, tie roda, dan ball joint. Komponen ini perlu diganti setiap 5 tahun sekali atau 100.000 km. Apabila mobil sering melewati jalanan yang bergelombang dan rusak, lakukan pengecekan dan pergantian komponen lebih awal.

7. Kampas Kopling

Kampas kopling berfungsi untuk memutus dan menghubungkan tenaga yang dihasilkan mesin ke sistem transmisi. Apabila akselerasi mobil melambat dan mobil sulit berpindah gigi, maka itu tanda kampas kopling mulai aus. Penggantian kampas kopling disarankan setiap 30.000-40.000 km.

8. Aki

Aki mobil berperan penting dalam kinerja sistem kelistrikan. Jika aki mobil bermasalah, maka mobil dan seluruh sistem yang berkaitan dengan sistem kelistrikan akan sulit untuk dinyalakan.

Aki sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Idealnya, aki kering memiliki masa pakai 2-5 tahun. Apabila sudah melewati masa pakai, maka segera ganti baru. Sementara perawatan aki basah bisa dilakukan dengan mengisi air, atau menggantinya apabila sudah tidak layak pakai.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas