Cek 9 Komponen Mobil Ini Usai Dipakai Mudik!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 April 2024

Cek 9 Komponen Mobil Ini Usai Dipakai Mudik!

momobil.id – Tidak sedikit orang yang mengandalkan mobil pribadi untuk menempuh perjalanan mudik. Ketika mobil sudah digunakan untuk mudik, pemilik mobil tentu perlu mengecek kondisinya. Untuk memastikan kondisi mobil tetap optimal setelah dipakai mudik, berikut ini merupakan beberapa komponen yang perlu dicek.

1. Kaki-Kaki Mobil

Salah satu komponen mobil yang wajib dicek setelah dipakai perjalanan mudik adalah kaki-kaki mobil. Pemilik mobil sebaiknya memeriksa kondisi shockbreaker, lower arm, dan sistem pengereman. Pastikan seluruh komponen kaki-kaki di kondisi optimal. Segera bawa mobil ke bengkel apabila ada masalah pada kaki-kaki mobil.

2. Ban Mobil

Posisi ban yang bersentuhan langsung dengan aspal membuat ban bekerja lebih keras saat perjalanan jauh, sehingga mempercepat tingkat keausan ban. Oleh karena itu, kondisi ban mobil wajib diperiksa setelah dipakai mudik. Periksa tekanan angin pada ban dan pastikan tekanannya sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Selain itu, perhatikan juga kondisi bagian dinding ban dan alur ban. Pastikan tidak ada kerusakan seperti sobek, benjol, atau tertusuk paku. Kondisi ban yang rusak tentu membahayakan ketika digunakan berkendara.

3. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi melindungi gesekan antar komponen mesin dan membantu melepaskan panas. Pastikan oli mesin cukup dan kondisinya masih layak. Apabila oli mesin berkurang atau kotor, maka kinerja mesin tidak optimal dan membuat mesin cepat panas.

4. Rem Mobil

Komponen rem tentu sering digunakan saat perjalanan jauh, terlebih ketika mobil harus melewati jalanan berbukit, berlembah, atau jalanan yang macet. Setelah melakukan perjalanan, cek bagian kampas rem, piringan rem, hingga minyak rem. Pastikan volume cairan rem tidak berkurang. Selain itu, periksa juga bagian selang rem dari kemungkinan bocor atau sobek.

5. Sistem Pendingin

Sistem pendingin pada mobil berfungsi untuk menyerap suhu panas yang ada pada mesin dan mencegah terjadinya overheat. Mesin yang terlalu panas tentu dapat merusak komponen mesin hingga sistem kelistrikan lainnya.

Oleh karena itu, periksa kondisi sistem pendingin setelah melakukan perjalanan mudik. Periksa level cairan radiator atau coolant dan pastikan tidak ada kebocoran pada radiator. Apabila level cairan sudah sedikit, tambahkan cairan pendingin dan periksa apakah ada kebocoran atau tidak.

Baca Juga: Cek 8 Komponen Ini saat Melakukan Servis Ringan Mobil

6. Cairan Kendaraan

Selain minyak rem dan oli mesin, cairan kendaraan lainnya juga perlu dilakukan pengecekan. Pastikan volume dari air aki, air pembersih kaca mobil, cairan power steering, dan oli transmisi tidak berkurang atau berubah warna. Apabila kondisi cairan dalam kendaraan sudah kotor, maka segera ganti dengan yang baru.

7. Aki dan Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan pada mobil juga perlu diperiksa setelah mobil dipakai perjalanan jarak jauh. Pastikan lampu mobil tidak ada yang mati dan masih dalam kondisi baik. Selain itu, kondisi aki juga perlu diperhatikan. Pastikan aki tidak ada tanda kebocoran atau korosi pada bagian terminalnya.

8. Eksterior Kendaraan

Bagian eksterior juga perlu diperiksa setelah mobil dipakai mudik. Apabila ada baret dan penyok pada bagian bodi mobil, segera perbaiki. Baret pada bodi yang dibiarkan dapat membuat cat menjadi kusam, bahkan karat.

9. Kabin Mobil

Saat digunakan mudik Lebaran, kabin mobil tentu menjadi kotor. Pemilik mobil bisa membersihkan kabin mobil menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan bagian karpet mobil, termasuk rongga-rongga, celah, hingga kolong kabin. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal pada bagian kabin.

mobil terkait

Rp 108.000.000

Individu

JEMBER

Rp 160.000.000

Individu

JEMBER

Rp 77.000.000

Individu

JEMBER

Rp 385.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 115.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 420.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas