Cek Dulu Bagian Ini Sebelum Membeli Mobil Double Cabin Bekas Tambang

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 May 2020

momobil.id – Tampilannya yang gagah merupakan salah satu daya tarik mobil double cabin. Kelebihan lainnya, mobil double cabin juga memiliki kemampuan off-road. Namun untuk membeli unit barunya, calon konsumen harus merogoh kocek agak dalam karena harganya yang cukup tinggi.

Jika ingin memiliki mobil double cabin dengan dana terbatas, maka pilihannya bisa membeli unit bekasnya. Ada beberapa unit mobil double cabin yang dijual murah yang biasanya merupakan bekas kendaraan operasional pertambangan.

Seperti dilansir Kompas.com, Double cabin memang biasa digunakan sebagai mobil operasional tambang. Unit yang sudah tidak dipakai, biasanya dilelang oleh perusahaan tambang. Memang harganya lebih murah, namun ada yang harus diperhatikan.

Adit, Anggota dari komunitas Dcab ID, mengatakan, ada dua bagian yang harus diperhatikan ketika ingin beli mobil kabin ganda bekas tambang yaitu mesin dan sasis. “Kalau soal body dan interior, masih bisa diperbaiki. Sedangkan mesin dan sasis kan tidak mengetahui keadaan di sana seperti apa cara pakainya,” kata Adit.

Area tambang biasanya memiliki kondisi jalan yang kurang baik. Kadang pengemudi di area tambang tidak memerhatikan cara berkendaranya, jadi sasis sering disiksa pada kondisi jalan yang buruk.

“Kalau soal mesin, khawatir mobil bekas tambang menggunakan solar industri. Bedanya dengan bio solar, lebih banyak kandungan sulfurnya. Efeknya bisa ke filter, mesin, dan turbo yang cepat kotor,” ujar Adit. Filter, mesin, dan turbo yang tidak dibersihkan bisa membuat menumpuknya karbon. Kalau karbon sudah menumpuk, komponen tersebut bisa cepat rusak.

Selain itu, harga mobil bekas tambang memang sangat murah. Tetapi jika ditambah ongkos memperbaikinya, harganya bisa mendekati harga bekas yang biasa. Jadi bisa dipikirkan kembali jika ingin beli bekas tambang.

Baca juga: Perbedaan DOHC dan SOHC di Mesin Mobil, Lebih Bagus Mana?

Jika dibandingkan, Mitsubishi Triton tahun 2014 bekas tambang dihargai Rp122 juta. Sedangkan yang bukan bekas tambang dengan tahun yang sama, ada di harga Rp295 juta. Selisih harganya sudah lebih dari Rp100 juta.

“Walaupun ada juga yang beruntung bisa dapat mobil bekas tambang yang kondisinya masih bagus. Jadi bagaimana keberuntungan saja kalau mau beli kabin ganda bekas tambang dengan kondisi yang prima,” ucap Adit.

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas