Cek Dahulu 13 Komponen Ini Sebelum Menjual Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 December 2022

Cek Dahulu 13 Komponen Ini Sebelum Menjual Mobil

momobil.id – Ketika hendak menjual mobil, salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah kondisi dari kendaraan. Kendaraan dengan kondisi yang bagus tentu mendapatkan harga jual yang lebih tinggi. Namun sebelum menjual mobil, cek dahulu beberapa komponen dan bagian berikut ini!

1. Bagian Eksterior Mobil

Salah satu bagian pertama yang dilihat oleh calon pembeli adalah eksterior. Oleh karena itu, pastikan eksterior mobil dalam kondisi yang rapih. Perhatikan apakah apakah bodi mobil memiliki baret atau penyok. Selain itu, periksalah bagian bumper dan spoiler. Pastikan bumper dan spoiler terpasang dengan baik dan tidak longgar.

2. Bagian Interior Mobil

Sebelum mobil dijual, pastikan interior dalam keadaan bersih. Ceklah bagian interior mulai dari karpet, jok, AC, dashboard, hingga bagasi. Bersihkan sela-sela pada bagian interior agar terbebas dari debu dan kotoran. Pastikan pula karpet mobil terpasang dengan baik dan benar agar menghindari slip.

3. Cek Komponen Kelistrikan Mobil

Sebelum menjual mobil, pastikan komponen kelistrikan bekerja dengan baik. Komponen tersebut terdiri dari aki, alternator, dan starter. Periksa kondisi aki, kemudian cek permukaan terminalnya.

Pada komponen dinamo starter, lhat bagian soket otomatis, sekring, dan relay-nya. Periksa juga kondisi dari komponen alternator yang memiliki fungsi menyalurkan listrik ke seluruh komponen kelistrikan.

4. Periksa Kondisi Mesin

Salah satu bagian terpenting yang perlu dilakukan saat mengecek mobil sebelum dijual adalah mesin. Periksalah kondisi mesin saat hendak menjual mobil. Kemudian nyalakan mesin dan pastikan seluruh komponennya bekerja dengan baik. Selain itu, pastikan tidak ada suara atau getaran yang mengindikasikan adanya masalah pada mesin.

5. Periksa Bagian Air Radiator

Periksalah air radiator pada tabung cadangan yang terletak di bagian kap depan. Usahakan volume air radiator pas dan tidak kurang. Air radiator yang kurang menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin.

6. Kondisi Aki Mobil

Salah satu bagian kelistrikan mobil yang wajib diperiksa adalah aki. Pastikan aki mobil berada di kondisi yang bagus. Apabila mobil mengalami kesulitan starter, lampu redup, atau suara klakson tidak nyaring, maka aki dalam kondisi yang buruk. Gantilah aki mobil dengan yang baru ketika kondisi aki sudah menurun.

Baca Juga: Ini 8 Tips Jual Mobil Bekas agar Cepat Laku

7. Kondisi Transmisi Mobil

Cek pula komponen transmisi sebelum menjual mobil. Untuk memeriksanya, lakukan perpindahan gigi pada transmisi. Ketika perpindahan gigi terasa halus, maka transmisi dalam kondisi baik. Pada mobil dengan transmisi otomatis, masukan tuas transmisi pada posisi D dan lihatlah apakah mobil berjalan sendiri atau tidak.

8. Fungsi Kaca Spion

Kaca spion juga perlu dicek untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Gerakan ke segala arah dan lihatlah pergerakan dari kaca spion. Usahakan kaca spion bekerja dengan baik. Periksa pula fungsi pelipatan kaca spion mobil.

9. Periksa Bagian Pengereman

Cek bagian pengereman dan pastikan rem bekerja dengan baik. Untuk memeriksanya, injaklah pedal rem. Kemudian rasakan apakah pedal rem diinjak terlalu dalam atau terlalu pendek. Jika pedal rem diinjak terlalu dalam, maka pengereman lambat. Sementara ketika pedal rem diinjak terlalu pendek, pengereman kendaraan akan lebih cepat.

10. Periksa Bagian Lampu Mobil

Bagian yang wajib dicek ketika hendak menjual mobil adalah lampu. Periksalah kondisi lampu depan dan belakang, seperti lampu high beam, low beam, dan lampu sein. Usahakan lampu tidak mati, redup, atau berkedip.

11. Cek Oli Mesin

Agar pelumasan mesin tetap optimal, pengecekan pada oli mesin perlu dilakukan. Untuk mengeceknya, cari letak dipstick, kemudian tarik keluar alat tersebut. Apabila oli terletak pada bagian tengah dipstick, maka volume oli mesin berada di batas normal. Selain itu, cek pula kondisi dari oli mesin.

12. Kondisi AC Mobil

AC menjadi salah satu poin paling penting untuk kenyamanan berkendara. Pastikan AC berfungsi dengan normal dan dingin. Selain itu, pastikan juga AC tidak mengeluarkan udara yang bau.

13. Usahakan Seluruh Fitur Berfungsi dengan Baik

Pastikan fitur-fitur pada mobil yang ingin dijual bekerja dengan baik. Fitur yang bisa dicek seperti sistem hiburan atau head unit, airbag, sabuk pengaman, sensor pada mobil, atau kamera. Bagi mobil yang memiliki teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS), pastikan sistem bekerja dengan baik.

Bagi yang ingin menjual mobil dengan untung yang banyak, momobil.id sudah dilengkapi dengan fitur baru, yaitu Momobil Pro. Momobil Pro memperkenalkan cara baru untuk menjual dan membeli mobil dengan mudah. Selain itu, harga jual yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan harga pasar! Untuk info lebih lanjut mengenai Momobil Pro, klik link berikut ini! >> Jual Mobil Bekas di Momobil Pro

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas