Cek Kondisi Komponen Ini Sebelum Berkendara, Tak Sampai Lima Menit

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

28 Aug 2019

momobil.id - Mobil merupakan salah satu moda favorit ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, tak semua pemilik mobil rutin melakukan pengecekan kondisi mobil sebelum mengendarainya. Meski terlihat sepele, mengecek kondisi mobil sebenarnya akan berdampak pada kenyamanan pengemudi maupun penumpang ketika mengggunakan mobil selama perjalanan.

Mengecek kondisi mobil sebenarnya tak serumit yang dibayangkan. Ada beberapa komponen yang bisa diperiksa dengan cepat, namun akan berdampak pada kenyamanan berkendara. Komponen-komponen tersebut yakni:

Tekanan angin ban mobil

Hal yang paling mudah dilakukan ketika mengecek mobil adalah memastikan semua ban terisi udara. Jika satu ban terlihat lebih rendah dari yang lain, segera isi udaranya agar ban kembali normal. Ban sangat mudah untuk kurang angin, terutama ban yang berfungsi sebagai penggerak utama. Jika penggerak utama sebuah mobil berada pada ban depan, maka biasanya tekanan angin ban depan yang lebih banyak berkurang dibanding ban belakang.

Mengecek posisi persneling mobil

Meski terdengar sepele, hal ini sebenarnya penting diperhatikan. Karena jika posisi persneling dalam posisi gigi masuk, akan menyebabkan kendaraan meloncat ketika mobil dihidupkan. Jika di depan mobil ada tembok atau benda lain, tentu berpotensi membuat mobil tergores atau bahkan penyok. Karena itu, pastikan posisi persneling dalam posisi netral sebelum menghidupkan mesin mobil.

Cek air wiper dan oli

Jika air di dalam wiper sudah mulai berkurang, pastikan menambah lebih banyak ke batas yang seharusnya. Periksa juga kondisi oli. Ketika posisi ketinggian oli sudah dekat dengan tanda "Min" di dipstick, maka segera tambahkan oli mesin. Untuk oli yang digunakan untuk menambah harus merek, tipe, dan spesifikasi sama dengan yang ada di dalam mesin. Tambahkan oli secukupnya dan tunggu beberapa menit agar oli turun ke karter. Setelah itu periksa kembali tingkat ketinggiannya di dipstick. Minimal posisi ketinggian oli berada di tengah-tengah tanda "Min" dan "Max" di dipstick. Jangan berusaha mencapai tingkat ketinggian maksimum. Karena menambahkan terlalu banyak oli dapat menyebabkan tekanan berlebihan sehingga akan merusak sirkuit pelumasan.

Baca Juga: Apa benar mobil lebih boros bahan bakar jika menggunakan premium?

Mengecek lampu indikator di dashboard mobil

Jika mobil dalam kondisi normal, seharusnya tidak ada indikator yang menyala. Jika ada indikator yang menyala, misalnya lampu depan mesin, ABS, airbag, hal ini mengindikasikan ada masalah pada bagian tersebut.

Sumber gambar: IST

  • Featured Article
  • ban mobil
  • wiper mobil
  • lampu indikator mobil
  • Oli Mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More