Cermati 4 Hal Berikut Agar Tidak Salah Membeli Mobil Bekas Banjir

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 7 January 2019

Cermati 4 Hal Berikut Agar Tidak Salah Membeli Mobil Bekas Banjir

Spare Part Mobil | Mobil bekas

Track record atau histori mobil bekas yang akan Anda beli memang sulit dideteksi. Utamanya karena masalah informasi yang minim serta kurang cermat dalam memeriksa kondisi mobil yang hendak Anda beli.

Namun hal paling menakutkan adalah mendapatkan mobil yang bekas terendam banjir. Meski secara fisik masih menawan dan kondisi saat dijual terlihat prima, tapi pastinya akan timbul masalah di kemudian hari.  Untuk menghindarinya, ada beberapa cara agar Anda tidak mendapatkan kondisi mobil yang terkena banjir tersebut, berikut penjelasannya:

  • Pengecekan Bagian Mesin

Meskipun mudah terlihat tetapi mudah pula Anda dikelabui penjualnya. Sebab pasca banjir, mesin bisa saja sudah dibersihkan dan dirapikan oleh pemiliknya lalu dijual. Tetapi jika pemiliknya lalai, akan terlihat kondisi mesin sedikit banyaknya berkarat. Jika ditemui karat, maka dipastikan ada bagian lainnya juga yang berkarat. Dampak mesin terkena banjir bisa menjadi masalah besar setelah berbulan-bulan kemudian. Maka Anda harus cek secara teliti bagian mesinnya.

  • Pengecekan Bagian Interior

Aroma lumpur pada karpet atau bodi dalam mobil akan tercium tajam meski sudah dibersihkan berkali-kali. Pemilik sebelumnya atau penjual mobil dengan kondisi bekas mungkin bisa menutupinya dengan memberikan wewangian yang tajam untuk mengusir bau lumpur tersebut. Jika mencium wewangian mobil terlalu tajam, Anda dapat menanyakan langsung ke pemilik atau penjualnya untuk memastikannya.

  • Pengecekan Bagian Karet Pintu

Karet sulit dibersihkan jika sudah terkena lumpur atau tanah. Meski telah dibersihkan sekalipun, akan menyisakan bekas. Apabila ditemukan ada tanah atau lumpur berwarna coklat, kemungkinan besar mobil itu pernah terendam banjir. Pengecekan karet ini dapat dilakukan pada seal karet pintu-pintu mobil.

  • Pengecekan STNK

Alamat yang tertera pada STNK dapat disinkronkan dengan wilayah banjir untuk pengecekan kondisi atau histori mobil sebelumnya. Tujuannya saat proses tawar menawar Anda bisa terhindar mendapatkan mobkas banjir.

Mobil bekas yang terkena banjir umumnya dibandrol murah. Ini yang menjadi pertimbangan Anda harus selalu teliti saat membeli mobkas. Agar terhindar membeli mobkas banjir, lengkapi referensi atau pilih penjual yang terpercaya.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 373.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 453.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 412.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 370.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 112.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 145.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas