Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Matic Sudah Mulai Habis

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 25 September 2020

Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Matic Sudah Mulai Habis

momobil.id – Mobil dengan transmisi matik lebih disukai di daerah perkotaan karena kepraktisannya. Meski begitu, pemilik kendaraan juga perlu mengetahui ciri-ciri kampas kopling mobil matik yang sudah mulai habis.

Meski tak menyediakan tuas kopling, transmisi otomatis masih menggunakan komponen kampas kopling layaknya transmisi manual. Jika kampas kopling mobil matik mulai habis, pasti ada efek yang dirasakan saat mengendarai mobil.

Seperti dilansir Kompas.com, ada beberapa gejala yang dapat dirasakan saat komponen kampas kopling menipis. Gejala paling umum adalah tarikan mobil terasa melambat meski putaran mesin sudah tinggi. Selipnya kampas kopling karena sudah tak mampu lagi menahan putaran mesin yang diteruskan ke transmisi.

Efeknya, perpindahan gigi terasa mengentak dan mobil tidak bisa ngebut. Hal ini berlaku di semua jenis transmisi otomatis,baik torque converter, CVT, sampai dual clutch transmission.

Usia kampas kopling transmisi matik biasanya mencapai 100.000 Km. Namun karena efek pemakaian yang rutin dan beban kerja transmisi yang berat, tak ada salahnya untuk mengecek kondisi kampas kopling sebelum masa gantinya usai. Jika kampas kopling benar-benar habis, efeknya mobil tidak bisa jalan. Karenanya, ada baiknya segera melakukan penggantian kalau sudah bermasalah.

Adapun selain mengetahui ciri kampas kopling yang mulai habis, pemilik kendaraan sebaiknya juga mengetahui ciri kerusakan transmisi pada mobil matic. Gejala awal bisa dirasakan ketika perpindahan transmisi mulai terasa tidak mulus, bahkan kadang mengeluarkan suara. Hal ini tidak boleh dibiarkan, karena akan berdampak pada terkuncinya transmisi di posisi tertentu yang tidak bisa dipindahkan.

Baca juga: Kebiasaan Seperti Ini Bisa Merusak Komponen Mobil Matic

Kemudian, perhatikan saat memindahkan gigi pada berbagai posisi transmisi matic, P-N-D-R dan sebaliknya, apakah perpindahan terasa halus? Perpindahan transmisi matic yang normal harus terasa halus. Jika merasakan hentakan pada saat memindahkan gigi atau perpindahan gigi saat berkendara, maka ini adalah salah satu gejala transmisi matic mobil bermasalah.


Kembali ke atas