Ciri-ciri Shockbreaker Mobil Mulai Bermasalah, Kenali Lima Gejalanya

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine | 12 December 2019

Ciri-ciri Shockbreaker Mobil Mulai Bermasalah, Kenali Lima Gejalanya

momobil.id – Peredam kejut pada mobil atau biasa disebut shockbreaker merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk meredamkan guncangan saat mobil bergerak. Tujuannya tentu agar penumpang dan pengendara tetap nyaman saat menempuh perjalanan.

Guncangan pada mobil biasanya terjadi saat mobil melewati jalanan tidak rata. Agar tidak merasakan guncangan berlebihan, maka shockbreaker mobil harus bekerja optimal.

Namun jika terdapat masalah pada shockbreaker, disarankan untuk segera diganti agar tidak menjadi masalah serius bagi mobil. Lalu, apa tanda-tanda shockbreaker harus segera diganti? Berikut penjelasannya.

Ayunan berlebihan

Jika ayunan mobil terasa tidak wajar atau berlebihan saat berbelok di tikungan dan sulit kembali ke posisi stabil, sangat mungkin jika shockbreaker tidak bekerja dengan baik. Jika tidak segera diganti, tentunya bisa membahayakan karena mobil sulit dikendalikan. Risiko terparah, hal ini berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Suara berisik

Selain ayunannya, shockbreaker yang sedang tidak berfungsi dengan baik dapat dideteksi melalui bunyinya. Jika berisik, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

Jarak roda dan spakbor berbeda

Jika jarak setiap roda dan spakbor berbeda, maka sangat memungkinkan salah satu shockbreaker tidak berfungsi optimal.

Oli shockbreaker bocor

Banyak faktor penyebab kebocoran oli shockbreaker. Jika sudah bocor, kinerja shockbreaker juga akan ikut bermasalah sehingga kerjanya menjadi kurang maksimal. Ada baiknya untuk diganti dengan shockbreaker baru, karena penyetelan ulang hanya akan menghabiskan biaya besar.

Ban aus tidak merata

Ban mobil aus secara tidak merata juga dapat menjadi salah satu tanda-tanda tidak bekerjanya shockbreaker. Keseimbangan mobil yang berkurang dapat menyebabkan ban mobil aus.

Baca Juga: Supaya tidak terbakar, kenali penyebab mobil menjadi panas

Adapun karena shockbreaker merupakan komponen yang berperan untuk meredam guncangan, maka tanda di atas dapat dengan mudah dideteksi jika pengemudi berkendara pada jalanan yang teksturnya tidak rata.

Sumber gambar: grimmermotors


Kembali ke atas