Ciri-ciri Tali Rem Tangan Kurang Terawat, Sewaktu-waktu Bisa Putus

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 5 August 2020

Ciri-ciri Tali Rem Tangan Kurang Terawat, Sewaktu-waktu Bisa Putus

momobil.id – Komponen yang satu ini cukup penting bagi mobil. Selain bisa dimanfaatkan ketika parkir agar mobil tidak berjalan sendiri, rem tangan juga bisa berfungsi sebagai rem darurat ketika terjadi rem blong. Namun perlu diketahui, rem tangan juga bisa putus jika pengemudi menggunakannya secara kasar. Faktor lain yang bisa menyebabkan tali rem tangan mobil putus adalah mengabaikan urusan perawatan.

Menurut Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, tali rem tangan mobil terbuat dari material baja yang rawan terkena karat. “Tali rem itu terbuat dari baja, butuh pelumas atau gemuk agar lancar dan bebas dari karat. Sebab, kalau kondisinya kering, otomatis mudah korosi saat kena air,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Anjar, saat tali rem kurang perawatan salah satu gejala yang mudah dirasakan adalah berat saat ditarik. Indikasi ini bisa terjadi karena kondisinya yang kering sehingga serat, atau bisa juga karena sudah ada banyak kotoran.

Sama halnya seperti kabel kopling pada sepeda motor. Saat sudah kering dan kotor, otomatis perlu tenaga ekstra saat menekan tuas kopling yang membuat tangan pegal. “Kalau sudah terasa berat, sebaiknya langsung ke bengkel minta dibersihkan dan disetel ulang. Pembersihan akan lebih maksimal karena sekaligus dari kamponen di roda juga. Kalau ditunda dan putus di jalan bisa merepotkan,” kata Anjar.

Adapun tips lainnya dalam merawat rem tangan bisa dimulai dari cara menggunakannya dengan benar. Rem tangan mobil memiliki gerigi atau yang biasa disebut gear. Posisi gear ini berada pada pangkal rem yang berfungsi untuk mengatur kedalaman rem dan mengunci rem pada kedalaman yang diinginkan. Selain itu, rem tangan juga memiliki tombol release pada ujung tuas yang berfungsi untuk melepas kunci kedalaman rem pada gear.

Baca juga: Rem Mobil Mendadak Blong, Apa Saja Penyebabnya?

Ketika akan melepas rem tangan mobil, pastikan selalu menekan tombol release untuk meminimalir gerakan gear. Fungsinya adalah menjaga gear dalam keadaan baik dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, jangan terlalu keras pada saat akan menarik rem tangan mobil. Sebaiknya gunakanlah tarikan yang sedang atau perlahan yang berfungsi untuk menjaga gerigi bekerja secara tepat dalam mengunci serta untuk memelihara kabel rem agar lebih awet.



Kembali ke atas