Ciri-ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran, Biasanya Suara Jadi Lebih Berisik

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 February 2024

Ciri-ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran, Biasanya Suara Jadi Lebih Berisik

momobil.id – Bila knalpot mobil bocor, sebaiknya jangan terus dibiarkan. Mengetahui ciri knalpot mobil yang bocor merupakan langkah awal dalam menjaga kesehatan kendaraan.

Ciri knalpot mobil yang bocor biasanya bisa dikenali dari adanya perubahan suara mesin yang menjadi lebih berisik. Bisa juga muncul suara desisan atau hisapan yang tidak lazim saat mesin beroperasi.

Ciri lainnya, terasa penurunan efisiensi mesin atau penurunan performa. Dan tanda lainnya, terlihat muncul karat di area sekitar knalpot. Kemunculan karat ini juga merupakan salah satu penyebab kebocoran knalpot.

Korosi atau paparan karat pada sistem knalpot dapat melemahkan struktur, menyebabkan retak atau lubang yang memungkinkan gas buang keluar. Penyebab kedua, bisa karena adanya retakan akibat benturan atau goncangan yang dialami kendaraan selama penggunaan.

Sensor oksigen yang rusak atau sistem pengontrol emisi yang tidak berfungsi juga dapat menyebabkan pembakaran bahan bakar yang tidak efisien. Ini meningkatkan risiko terjadinya kondensasi air di dalam knalpot, dan mempercepat proses korosi yang mengakibatkan knalpot mobil bocor.

Adapun knalpot yang bocor bisa berdampak pada emisi gas buang yang lebih tinggi. Gas beracun seperti karbon monoksida (CO) dapat lebih mudah bocor ke lingkungan sekitar, memberikan risiko kesehatan dan merusak kualitas udara.

Baca juga: Penyebab Transmisi Manual Bunyi Pas Pindah Gigi: Kampas Kopling Sudah Tipis Hingga Kebocoran Oli

Kebocoran knalpot juga dapat mengakibatkan pembakaran bahan bakar yang tidak efisien, mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar dan biaya operasional yang lebih tinggi.

Terakhir, gas buang yang keluar dari kebocoran knalpot dapat merusak komponen lain di sekitarnya, seperti kabel listrik atau komponen mesin lainnya. Ini dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan tambahan.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas