Coba Cara Ini untuk Hitung Usia Aki Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 May 2020

Coba Cara Ini untuk Hitung Usia Aki Mobil

momobil.id – Sebenarnya, tak ada waktu pasti mengenai berapa lama usia aki mobil. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi usia aki mobil. Lalu, apakah tidak ada cara untuk hitung usia aki mobil agar bisa memperkirakannya?

Pada umumnya, usia aki basah atau kering berkisar satu hingga dua tahun. Usia tersebut merupakan usia rata-rata untuk pemakaian normal. Aki mobil juga bisa memiliki usia lebih panjang jika sering menempuh jarak jauh. Hal ini karena alternator akan mengisi aki dengan arus maksimal ketika putaran mesin di kisaran 2.000 rpm.

Cara hitung usia aki mobil yang paling mudah adalah dengan memberikan tanggal saat melakukan penggantian aki. Cek tanggal produksi aki tersebut sebelum membelinya. Setelah dipasang, berikan tanggal penggantian. Hal ini akan berguna untuk mengecek berapa usia pemakaian aki tersebut.

Agar perhitungan usia aki mobil lebih akurat, sebaiknya jangan berlebihan memasang aksesori yang berkaitan dengan kelistrikan mobil. Pemasangan aksesori kelistrikan yang berlebihan dapat menambah beban listrik pada mobil dan tentunya akan memperpendek usia aki mobil.

Selain itu, perhatikan juga kondisi aki. Jika menggunakan aki basah, maka harus memperhatikan kondisi air pada aki. Jumlah air yang dibiarkan berkurang pada aki basah atau sampai kering bisa mengakibatkan kerusakan pada sel-sel aki yang mengakibatkan aki cepat rusak.

Baca juga: Lima Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Pertama

Tips lainnya untuk mengetahui usia pemakaian aki adalah dengan melakukan perawatan seara berkala. Ketika service mobil, pemilik kendaraan bisa meminta untuk mengecek kondisi aki agar mengetahui kapan harus melakukan penggantian aki.



Kembali ke atas