Coba Cara Ini untuk Hitung Usia Aki Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 May 2020

momobil.id – Sebenarnya, tak ada waktu pasti mengenai berapa lama usia aki mobil. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi usia aki mobil. Lalu, apakah tidak ada cara untuk hitung usia aki mobil agar bisa memperkirakannya?

Pada umumnya, usia aki basah atau kering berkisar satu hingga dua tahun. Usia tersebut merupakan usia rata-rata untuk pemakaian normal. Aki mobil juga bisa memiliki usia lebih panjang jika sering menempuh jarak jauh. Hal ini karena alternator akan mengisi aki dengan arus maksimal ketika putaran mesin di kisaran 2.000 rpm.

Cara hitung usia aki mobil yang paling mudah adalah dengan memberikan tanggal saat melakukan penggantian aki. Cek tanggal produksi aki tersebut sebelum membelinya. Setelah dipasang, berikan tanggal penggantian. Hal ini akan berguna untuk mengecek berapa usia pemakaian aki tersebut.

Agar perhitungan usia aki mobil lebih akurat, sebaiknya jangan berlebihan memasang aksesori yang berkaitan dengan kelistrikan mobil. Pemasangan aksesori kelistrikan yang berlebihan dapat menambah beban listrik pada mobil dan tentunya akan memperpendek usia aki mobil.

Selain itu, perhatikan juga kondisi aki. Jika menggunakan aki basah, maka harus memperhatikan kondisi air pada aki. Jumlah air yang dibiarkan berkurang pada aki basah atau sampai kering bisa mengakibatkan kerusakan pada sel-sel aki yang mengakibatkan aki cepat rusak.

Baca juga: Lima Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Pertama

Tips lainnya untuk mengetahui usia pemakaian aki adalah dengan melakukan perawatan seara berkala. Ketika service mobil, pemilik kendaraan bisa meminta untuk mengecek kondisi aki agar mengetahui kapan harus melakukan penggantian aki.

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas