Coba Cek Bagian-bagian Ini Sebelum Membeli Mobil Tahun Lawas

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 31 July 2020

Coba Cek Bagian-bagian Ini Sebelum Membeli Mobil Tahun Lawas

momobil.id – Ketika sedang berburu mobil tua, hal pertama yang biasanya diperhatikan adalah kondisi mesinnya. Padahal, kondisi mesin sebenarnya bukan berada di urutan pertama. Bagi pemula yang ingin mengoleksi mobil lawas, ada beberapa tips yang bisa dicoba ketika sedang berburu untuk membeli mobil tua

Tips pertama membeli mobil tua, coba cek bagian karburator. Mobil-mobil lawas pada umumnya masih menggunakan karburator yang berfungsi mencampur udara dan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Sebelum membeli mobil incaran, pastikan karburatornya masih mulus dan terawat, karena karburator yang sudah mulai soak akan berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar.

Selanjutnya, perhatikan kondisi mesin. Jika kondisi mesin hanya rusak-rusak sedikit yang biaya perbaikannya tak terlalu besar, maka hal itu masih bisa ditoleransi asalkan kondisi bodi mobil masih mulus atau tidak banyak cacatnya.

Namun jika kondisi bodi mobil memerlukan perbaikan besar, maka calon pembeli sebaiknya sudah mengetahui risiko bahwa memperbaiki bodi mobil membutuhkan biaya yang cukup besar. Itu belum termasuk mencari bagian bodi atau aksesori pengganti untuk menggantikan part yang sudah hilang atau rusak.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah bagian knalpot. Salah satu indikasi mesin mobil masih berada dalam kondisi baik adalah dengan melihat gas buangan dari knalpot. Jika knalpot masih mengeluarkan air, artinya tidak ada kebocoran oli. Mintalah juga untuk menguji coba mobil beberapa menit untuk melihat emisinya. Mesin mobil masih tergolong baik jika jelaga yang tersisa di knalpot tidak basah dan temperatur mobil berada dalam kondisi normal.

Poin penting berikutnya yakni memeriksa sasis dan kaki-kaki mobil. Sasis dan kaki-kaki mobil tua cenderung sudah mulai ringkih sehingga berpotensi bermasalah di jalan. Mintalah untuk melakukan pengecekan khusus untuk bagian sasis dan kaki-kaki agar dapat mengetahui kondisi keseluruhan dari depan hingga belakang.

Baca juga: Sebelum Pindah Jalur, Ketahui Arti Markah Jalan Garis Putih dan Kuning

Terakhir, periksa surat kelengkapan mobil tersebut seperti STNK dan BPKB. Jika membeli mobil yang diproduksi sebelum tahun 1970, periksa juga boekpass mobil tersebut. Boekpass merupakan sertifikat kendaraan bermotor sebelum adanya aturan mengenai BPKB.


Kembali ke atas