Contoh Pemanfaatan Daur Ulang Baterai Mobil Listrik

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

16 Aug 2019

momobil.id - Setelah disambut baik karena terbukti ramah lingkungan, terdapat masalah baru yang menjadi sorotan masyarakat terkait mobil listrik, yaitu masa pakai baterai. Masa pakai baterai yang terbatas akan memproduksi limbah baru berupa baterai itu sendiri.

Menurut pengamat otomotif, Yannes Martinus Pasaribu, saat ini sudah ada solusi terkait pengolahan limbah baterai mobil listrik. Yannes menegaskan riset saat ini menunjukkan limbah baterai kendaraan listrik bisa didaur ulang. "Limbah baterai bisa didaur ulang secara laboratorium, bahkan 95 persen reuseable,” jelasnya.

Melakukan daur ulang baterai mobil elektrik memang bukan hal yang mustahil. Di Amerika Serikat, sebuah perusahaan bernama Eaton telah berhasil mengembangkan produk bernama xStorage guna menyimpan daya listrik dan didistribusikan untuk energi stadion sepak bola. Daya tersebut diambil dari sel-sel listrik pada limbah baterai mobil elektrik.

Baca Juga: Gunakan peralatan ini ketika mencopot stiker mobil agar tidak berbekas

Daur ulang limbah baterai mobil elektrik juga dilakukan oleh perusahaan startup asal Amerika Serikat, Rivian. Startup tersebut ingin mengubah baterai bekas menjadi sistem penyimpanan energi untuk panel tenaga surya di Puerto Rico. Selain Rivian, perusahaan lain yang melakukan daur ulang baterai mobil elektrik adalah Renault dan Nissan. Renault mengalirkan tenaga sebuah pulau di Portugal dengan memanfaatkan energi angin dan baterai daur ulang. Sedangkan Nissan menggunakan baterai Leaf yang sudah tak terpakai untuk menyalakan lampu jalan.

Sumber gambar: green car reports

  • Review (Display)
  • mobil listrik
  • baterai mobil listrik
  • daur ulang baterai

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PALEMBANG

2018
Manual

160 juta

JAKARTA BARAT

2018
Otomatis

195 juta

PALEMBANG

2019
Manual

125 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More