Cuaca Panas Bikin Mobil Gampang Overheat, Mitos atau Fakta?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 October 2023

Cuaca Panas Bikin Mobil Gampang Overheat, Mitos atau Fakta?

momobil.id – Memasuki musim pancaroba, beberapa daerah Indonesia dilanda oleh cuaca panas. Sebagian pemilik mobil menganggap bahwa cuaca panas mampu berpotensi menyebabkan masalah pada kendaraan. Bahkan, beberapa pemilik mobil mengeluhkan kendaraannya sering mengalami overheat. Lantas, apakah benar cuaca panas menjadi pemicu utama mobil overheat?

Dilansir dari Kompas.com, cuaca panas tidak menjadi pemicu utama mobil overheat. Pemilik Bengkel Iwan Motor Honda Auto Clinic, Iwan mengatakan bahwa mesin sudah dilengkapi dengan sistem pendingin. Pemilik mobil tidak perlu khawatir, sebab sistem pendingin pada mobil dapat bekerja secara efisien dalam berbagai kondisi cuaca dan suhu.

“Pemilik mobil tidak usah khawatir jika mobilnya overheat ketika cuaca panas. Sebab mesin mobil sudah dilengkapi dengan sistem pendingin,” ujar Iwan dilansir dari Kompas.com.

“Sepanjang komponen sistem pendingin mesin seperti radiator, coolant radiator, thermostat, kipas radiator dan water pump bekerja dengan baik, maka tidak akan terjadi overheat,” tambahnya.

Penyebab Mobil Overheat

Cuaca panas tentu bukan penyebab utama mesin mobil yang overheat. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan mesin mobil cepat overheat.

1. Kipas Radiator Rusak

Salah satu penyebab mobil mengalami overheat adalah kipas radiator yang rusak. Kipas radiator berfungsi menarik udara dari luar untuk mendinginkan mesin. Ketika kipas radiator bermasalah, tidak ada angin dari luar yang mendinginkan mesin sehingga mesin mudah mengalami overheat.

2. Kualitas Oli Mobil yang Buruk

Penggunaan oli palsu atau kualitas oli yang buruk dapat membuat mesin cepat panas. Hal ini terjadi karena kualitas oli yang buruk tidak dapat melumasi komponen mesin dengan baik, sehingga terjadi gesekan antar komponen mobil. Pergesekan antara komponen mesin dapat memicu kinerja mesin tidak sempurna dan overheat.

3. Adanya Kebocoran dan Masalah pada Radiator

Kerusakan pada radiator dapat menyebabkan mesin mobil mudah panas. Radiator yang bocor membuat cairan coolant terbuang dan tidak dapat mendinginkan mesin. Radiator yang bocor biasanya disebabkan karena tingginya kadar oksigen dan air dalam radiator sehingga menyebabkan korosi

4. Kerusakan pada Thermostat Mobil

Thermostat merupakan suatu alat pada radiator yang berfungsi mengukur suhu mesin mobil. Alat ini akan menahan radiator coolant untuk meninggalkan radiator ketika suhu mesin rendah. Jika thermostat menangkap mesin dalam suhu tinggi, maka radiator coolant diperintah untuk masuk ke dalam saluran pendingin.

Ketika thermostat rusak, maka akan ada hambatan pada saluran coolant. Hal ini dapat menyebabkan suhu mesin mobil susah turun dan mudah mengalami overheat.

Baca Juga: Simak Tips Melindungi Mobil Pribadi dari Cuaca Panas

Cara Mencegah Mobil Overheat

Untuk mencegah mobil mengalami overheat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya,

  1. Mengecek radiator mobil secara berkala.
  2. Menambah coolant atau cairan pendingin.
  3. Menggunakan oli mesin sesuai rekomendasi.
  4. Periksa ketinggian oli mesin secara berkala.
  5. Periksa kondisi v-belt mobil.

mobil terkait

Rp 149.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 357.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 189.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 223.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 112.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas