Cuci Mobil Sendiri? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini!

Ditulis oleh : admin | 10 January 2017

Cuci Mobil Sendiri? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini!

Memanjakan mobil kesayangan tidak lah harus berlebihan. Terkadang melakukan hal yang sederhana dapat membuat si mobil menjadi lebih menawan. Salah satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk si mobil kesayangan adalah dengan cara mencuci mobil sendiri. Tentu saja, ritual mencuci mobil kesayangan adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap pemiliknya. Sekali waktu Anda harus memanjakan mobil Anda dengan cara mencuci sendiri. Selain karena Anda yang tau apa saja yang dibutuhkan untuk mobil kesayangan Anda, termasuk mencuci mobil. Namun, ketelitian sangat penting ketika Anda hendak mencuci mobil sendiri. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan? Berikut 5 hal yang wajib Anda perhatikan ketika hendak mencuci mobil kesayangan Anda!

mencuci mobil sendiri
Source: blogspot.com

1. Amunisi 2-2-1-1

Apa yang dimaksud dengan amunisi 2-2-1-1? Seperti halnya perang, mencuci mobil juga memerlukan amunisi yang dibutuhkan. Amunisi atau perlengkapan mencuci mobil sepatutnya Anda siapkan sebelum memanjakan si mobil kesayangan. Amunisi 2-2-1-1 berarti 2 buah ember, 2 buah spons (busa), 1 buah lap chamois (kanebo), dan 1 buah lap kain microfibre (kain lembut).

Tidak hanya itu, amunisi saja tidak cukup jika hendak melakukan perang (mencuci mobil kesayangan). Maka dari itu, waktu dan tempat untuk mencuci mobil pun harus Anda sesuaikan dengan tepat. Mencuci sendiri mobil kesayangan Anda disarankan agar tidak melakukannya saat cuaca panas. Jika cuaca panas, dianjurkan agar melakukan ritual mencuci mobil di bawah tempat yang teduh dan terhindar dari teriknya sinar matahari. Jika mobil dicuci ketika sinar matahari sedang terik, kemungkinan sinar UV matahari maka akan mengurangi kualitas lapisan cat mobil. Disarankan jikalau Anda hendak mencuci mobil sendiri, maka lakukan lah saat pagi hari atau sore hari.

2. Sampo Mobil Berkualitas

Agar ritual mencuci mobil kesayangan Anda berhasil dengan bersih tanpa menyisakan noda sedikit pun, maka gunakan lah sampo mobil yang berkualitas. Jangan menggunakan sampo sembarangan karena akan berdampak pada kerusakan kualitas cat mobil Anda. Tidak mau kan cat mobil kesayangan Anda meninggalkan bekas karena salah menggunakan sampo? Maka dari itu, gunakan sampo dengan unsur deterjen yang rendah dengan pH balance lebih dari 7 agar tidak merusak lapisan cat mobil kesayangan Anda!

3. Dua Bagian Penting: Body dan Underbody

Inilah mengapa Anda memerlukan dua jenis spons saat mencuci mobil sendiri. Hal tersebut karena saat proses ritual mencuci mobil, Anda harus melakukannya menjadi dua bagian mencuci yakni, bagian luar bodi dan bagian bawah bodi. Prosesnya, Anda dapat mencuci mobil bagian bodi terlebih dahulu mulai dari atas lalu ke bagian bawah mobil, ataupun sebaliknya.

Selain itu, dalam proses ritual mencuci mobil, lakukan lah penyabunan secara perlahan dan langsung basuh dengan air setelah sabun mulai dipoles ke bodi mobil Anda. Jangan biarkan sabun terlalu lama menempel karena berdampak pada pori-pori cat mobil yang rusak.

4. Fungsi Lap Chaimos (Kanebo)

Setelah seluruh bodi mobil selesai dicuci, saatnya untuk menyerap sisa-sisa air yang masih ada di bodi mobil kesayangan Anda. Untuk melakukannya, Anda memerlukan Lap Chaimos atau yang familiar dengan nama Kanebo. Dalam hal ini, lakukan pengelapan sekali saja. Karena fungsi dari lap chaimos adalah hanya menyerap dan menyimpan air sisa di lap tersebut, bukan berarti lap ini mengeringkan sisa air secara keseluruhan dari bodi mobil. Jika melakukan pengelapan terus menerus dengan lap chaimos, maka air sisa akan kembali lagi ke bagian cat pada mobil Anda.

5. Keringkan Dengan Lap Microfibre

Setelah mengelap sisa-sisa air pada mobil menggunakan lap chaimos atau kanebo, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengeringkannya dengan lap microfibre. Lap ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga memungkinkan sisa air yang basah pada bodi mobil mengering dengan sempurna.

Mobil kesayangan sejatinya hanya pemiliknya yang tau apa saja yang dibutuhkan. Termasuk tata cara mencuci mobil sendiri dengan baik. Terlebih, jika kita mencuci mobil kesayangan kita sendiri, maka kehati-hatian akan terus diperhatikan sampai mobil kesayangan kita terlihat kinclong. Tidak ada salahnya bukan memanjakan mobil kesayangan dengan cara mencuci mobil sendiri?

mobil terkait

Rp 335.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 147.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas