Daftar Fitur Canggih di Mobil Modern yang Bisa Membantu Pengemudi

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 September 2020

Daftar Fitur Canggih di Mobil Modern yang Bisa Membantu Pengemudi

momobil.id – Mobil-mobil terbaru keluaran pabrikan saat ini sudah dilengkapi berbagai fitur canggih. Karena tambahan berbagai fitur canggih ini juga, harga mobil baru kerap naik dari tahun ke tahun.

Kehadiran fitur canggih pada mobil-mobil terbaru ini tentu bertujuan menambah kenyamanan selama berkendara. Dari beberapa fitur tersebut, berikut beberapa fitur canggih yang sangat membantu pengemudi baik ketika akan parkir maupun dalam perjalanan.

Rear parking camera

Seperti dilansir iNews, fitur ini berfungsi ketika tuas transmisi berada pada posisi gigi mundur. Layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera belakang, serta garis pembantu dan posisi sonar aktif.

Hill Hold Control (HHC)

HHC berfungsi mempertahankan posisi mobil saat berhenti ditanjakan selama beberapa detik. Ini supaya kendaraan tidak melorot walaupun pengemudi tidak menginjak rem.

Automatic Vehicle Holding (AVH)

Fitur pengereman otomatis berguna menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun ataupun datar tanpa harus menahan pedal rem secara manual.

Tire Pressure Monitoring System

Fitur ini menampilkan tekanan angin ban dalam satuan bar yang dapat dipantau pada layar MID. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai (terlalu tinggi atau terlalu rendah).

360 Camera

Fitur kamera 360 derajat akan bekerja Ketika tuas transmisi pada posisi gigi mundur, layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera depan, belakang, dan samping, serta garis pembantu dan posisi sonar yang aktif.

Head unit yang cerdas akan menggabungkan setiap gambar dari keempat kamera menjadi tayangan perspektif bird’s eye view. Pengemudi dapat melihat mobil secara utuh seakan-akan berada di luar.

Engine Start Stop

Fitur ini menawarkan kemudahan bagi pengemudi ketika ingin menyalakan maupun mematikan mesin. Tak perlu lagi memasukkan anak kunci, pengemudi cukup mengantungi remote mobil dan menekan tombol engine start stop ketika ingin menyalakan mobil. Demikian juga ketika ingin mematikan mesin, cukup menekan tombol ini.

Baca juga: Deretan Fitur Ini Dulunya Hanya Ada di Mobil Mewah

Adapun selain lima fitur tersebut, masih ada beberapa fitur canggih lainnya yang bisa bermanfaat bagi pengemudi ketika sedang berkendara. Misalnya seperti cruise control, defogger, hingga paddle shift.


Kembali ke atas