Daftar Fitur Mobil yang Berpotensi Ketinggalan Zaman

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 May 2020

Daftar Fitur Mobil yang Berpotensi Ketinggalan Zaman

momobil.id – Fitur sensor parkir dan kamera mundur mungkin terlihat sangat canggih pada mobil-mobil zaman dulu. Namun seiring perkembangan teknologi, fitur-fitur tersebut mulai jamak ditemukan di mobil-mobil modern saat ini. Tak pelak, fitur mobil yang dulu terlihat keren mungkin akan jadi kenangan karena tergantikan oleh teknologi baru atau sudah menjadi fitur yang umum.

Selain dua fitur tersebut, ada beberapa fitur mobil yang berpotensi jadi kenangan. Seperti dilansir IDN Times, berikut beberapa fitur mobil yang mungkin akan tergantikan atau menjadi fitur umum di masa mendatang.

Baca juga: Cek Dulu Bagian Ini Sebelum Membeli Mobil Double Cabin Bekas Tambang

Anak kunci

Toyota Agya versi facelift 2020 menjadi mobil pertama di kelas LCGC yang menerapkan tombol Start Stop Engine. Artinya, Toyota Agya terbaru tak lagi menggunakan anak kunci seperti versi sebelumnya. Tren menggunakan sistem keyless alias tanpa anak kunci bisa saja semakin menjamur pada pembaruan mobil lain di masa mendatang.

Teknologi Idle

Ketika terjebak macet, rata-rata mesin mobil saat ini akan tetap hidup meski dalam kondisi diam. Hal ini akan berdampak pada efisiensi bahan bakar dan peningkatan polusi. Pada sepeda motor, ada beberapa pabrikan yang sudah menerapkan teknologi idling stop atau start stop. Artinya, ketika kendaraan berhenti karena terjebak kemacetan atau berhenti di lampu merah, maka mesin akan otomatis mati. Mesin akan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Dengan begitu, kendaraan akan lebih hemat bahan bakar.

Teknologi serupa sebenarnya juga sudah diterapkan pada beberapa mobil. Namun teknologi ini belum jamak ditemukan di hampir semua mobil. Seiring perjalanan waktu, teknologi idling stop atau start stop bisa saja menggantian teknologi idle yang masih digunakan di banyak mobil saat ini.

Mesin naturally aspirated

Beberapa kendaraan dengan kapasitas mesin 1.500cc ke atas bawah kini sudah banyak yang menggunakan turbocharged. Fitur ini dapat menaikkan tenaga dan hemat bahan bakar. Mesin dengan jenis Turbocharged membuat mesin “Naturally Aspirated” semakin berkurang karena dianggap lebih boros.

Penggunaan bohlam

Penggunaan bohlam pada mobil juga mulai ditinggalkan. Kini produsen mobil lebih memilih menggunakan lampu LED atau xenon. Sebab, selain lebih terang, voltase LED atau Xenon juga lebih rendah dari bohlam. Selain itu, penggunaan LED atau xenon juga akan membuat mobil terlihat lebih keren.

Tuas rem tangan

Seperti dilansir CarGurus, hanya 37 persen mobil baru di Inggris yang masih mengusung sistem rem tangan manual. Kini produsen mobil lebih memilih menyematkan rem tangan elektrik. Cara mengaktifkannya cukup dengan menekan tombol sehingga pengemudi tak perlu lagi menarik tuas.



Kembali ke atas