Daftar Harga dan Spesifikasi Daihatsu Rocky yang Kantungi Bintang Lima Uji Tabrak

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 16 June 2020

Daftar Harga dan Spesifikasi Daihatsu Rocky yang Kantungi Bintang Lima Uji Tabrak

momobil.id – Uji tabrak yang dilakukan Japan New Car Assesment Program (JNCAP) membuat Daihatsu Rocky kembali mencuri perhatian lantaran sukses mendapatkan bintang lima.

Kembaran Toyota Raize ini mendapat nilai 85,7 poin untuk kinerja keamanan saat benturan. Sementara untuk kinerja keselamatan preventifnya mencapai 73,6 poin. JNCAP sendiri mengevaluasi pengujian melalui pertimbangan kasus aktual dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi di Jepang.

Seperti dilansir Kompas.com yang mengutip situs Daihatsu Jepang, secara keseluruhan ada tiga aspek utama yang dinilai mulai dari perlindungan penumpang, perlindungan pejalan kaki, dan sabuk pengaman. Daihatsu Rocky mulai dijual di sana sejak November 2019, bersamaan dengan peluncuran Raize. Rocky dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture ( DNGA) pertama untuk segmen SUV.

Dari segi teknologi, mobil ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan terkini. Seperti misalnya Smart Assist System yang sama dengan kepunyaan Daihatsu Tanto. Rocky tersedia dalam dua tipe penggerak, yakni sistem penggerak roda depan (FF) dan penggerak empat roda (4WD). Masing-masing sistem penggerak memiliki empat varian, dari model entry level L, X, G, dan Premium. Untuk harganya, tipe FF dibanderol mulai dari sekitar Rp220 jutaan hingga Rp284 jutaan tergantung variannya. Sedangkan tipe 4WD dibanderol mulai dari sekitar Rp251 jutaan hingga Rp313 jutaan tergantung variannya.

Adapun Rocky dikenal sebagai mini SUV yang diproduksi sekitar tahun 1989-2002. Di Eropa dan Australia serta Indonesia, Rocky dikenal sebagai Feroza. Sementara di Inggris Rocky dikenal sebagai Sportrak. Setelah 17 tahun hadir dan sempat dihentikan penjualannya, Daihatsu kembali memamerkan generasi terbaru mobil ini di ajang Tokyo Motor Show 2019.

Rocky dibekali mesin 996cc, pendingin air, tiga silinder segaris, 12 valve, DOHC, intercooler turbo serta sanggup menghasilkan output 98PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi CVT.

Baca juga: Daftar Rekomendasi Mobil untuk Anak Kuliahan

Bersamaan dengan ukurannya yang compact, membuat Rocky hanya memiliki lima tempat duduk. Dimensi bodi pun cukup mini, yakni panjang 3.995mm, lebar 1.695mm, dan tinggi 1.620mm.

Meskipun mini, bodi Rocky secara keseluruhan terlihat kekar dengan velg 17 inci. Velg ini dibalut ban berukuran 195/60 R17. Mobil ini memiliki bobot 980 kg. Guna memaksimalkan bodi yang mini, ban cadangan di ruang bagasi dihilangkan sehingga bagasi tampak lebih luas dan dimaksimalkan fungsinya.


Kembali ke atas