Daftar Harga Mobil Listrik Mei 2020, Segini yang Paling Murah

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 2 June 2020

Daftar Harga Mobil Listrik Mei 2020, Segini yang Paling Murah

momobil.id – Industri otomotif memang tengah lesu di Indonesia akibat pandemi COVID-19. Namun tak ada salahnya tetap memantau perkembangan harga mobil baru, termasuk mobil listrik. Sama seperti tahun sebelumnya, harga mobil listrik tahun 2020 juga masih cukup tinggi.

Tingginya harga mobil listrik baik pada tahun 2020 maupun pada tahun sebelumnya memang cukup wajar mengingat beberapa kelebihan yang ditawarkan. Misalnya, suara mesin yang tidak bising jika dibandingkan dengan mobil konvensional berbahan bakar minyak.

Perawatan mobil listrik juga cukup sederhana karena tak mempunyai sistem pembuangan kecuali untuk air AC. Selain itu, pemilik mobil listrik juga tak perlu melakukan penggantian oli seperti mobil konvensional. Mengingat sistem kerjanya yang tak membutuhkan bahan bakar minyak, maka keunggulan utama dari mobil listrik adalah ramah lingkungan lantaran tak menghasilkan polusi udara.

Agar konsumen tidak kaget memakai mobil listrik, beberapa pabrikan kini juga sudah memperkenalkan mobil hybrid yang menggunakan dua sumber tenaga yakni dari bahan bakar minyak dan tenaga listrik.

Jika tertarik membeli mobil listrik maupun hybrid, saat ini ada beberapa pilihan dari berbagai brand. Harga termurah mulai dari Rp500 jutaan hingga yang termahal berkisar Rp3 miliar. Sebenarnya ada juga yang banderolnya masih Rp400 jutaan, namun harga tersebut masih perkiraan dan belum harga resmi. Berikut daftar harga mobil listrik penuh, hybrid, dan plug-in hybrid per Mei 2020 seperti dilansir OtoDriver.

Baca juga: Empat Hal Penting dalam Merawat Mobil Listrik

BMW

Ada tiga model yang ditawarkan BMW yakni i3 120Ah (Rp1,309 miliar), i8 Coupe (Rp3,619 miliar), dan i8 Roadster (Rp3,989 miliar).

Toyota

Pabrikan yang cukup populer di Indonesia memiliki enam model mobil listrik yakni CH-R 1.8 Hybrid Single Tone (Rp542,29 juta), CH-R 1.8 Hybrid Dual Tone (Rp543,79 juta), Corolla Altis Hybrid AT (Rp582,2 juta), Camry 2.5 L AT Hybrid (Rp830,1 juta), Prius PHEV (Rp884 juta – khusus fleet), dan Alphard Hybrid (call dealer).

Mitsubishi

Saat ini Mitsubishi hanya menawarkan satu model mobil plug-in hybrid di Indonesia yakni Outlander PHEV 2.4L yang dibanderol Rp1,294 miliar.

Mercedes-Benz

Sama seperti Mitsubishi, Mercedes-Benz juga baru menawarkan satu model mobil plug-in hybrid di Indonesia yakni Mercedes-Benz E 300 e AMG Line yang dibanderol Rp2,16 miliar.

Hyundai

Boleh dibilang, Hyundai Ioniq merupakan mobil listrik paling terjangkau saat ini di Indonesia. Konsumen yang berminat meminangnya bisa merogoh kocek sekitar Rp569 juta, namun harga tersebut masih harga off the road.

DFSK

Tak mau kalah dengan pabrikan lainnya, DFSK juga mengembangkan mobil listrik. Saat ini DFSK sudah memperkenalkan dua model mobil listrik yakni Gelora E Minibus yang perkiraan harganya berkisar Rp489 juta hingga Rp499 juta, dan Gelora E Blind Van yang harga perkiraannya Rp469 juta hingga Rp479 juta.



Kembali ke atas