Daftar Kartun Anime Balap Mobil yang Bikin Para Wibu Bernostalgia

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

7 November 2019

Daftar Kartun Anime Balap Mobil yang Bikin Para Wibu Bernostalgia

momobil.id – Seperti diketahui, serial animasi Jepang terkenal sebagai bagian dari kultur populer Jepang yang sudah mendunia. Bagi kamu yang besar di era 90an, tentu tidak asing dengan kartun animasi asal Jepang, termasuk yang bercerita mengenai balap mobil. Beberapa kartun balap mobil yang cukup populer saat itu seperti Initial D, eX-Driver, dan sebagainya.

Sebagai salah satu cerita yang cukup digemari, tak heran jika kartun anime yang bercerita mengenai balap tentu memiliki penggemarnya tersendiri. Lalu, apa saja kartun anime balap mobil yang cukup populer saat itu? Berikut ulasan selengkapnya.

Initial D

Intial D
Sumber gambar: Carthrottle

Kamu pasti tak asing dengan serial animasi ini. Initial D merupakan serial animasi Jepang yang cukup legendaris. Ditayangkan sekitar tahun 1998, serial animasi ini menceritakan tentang seorang anak muda bernama Takumi Fujiwara yang sehari-harinya bertugas membawa tahu jualan sang ayah. Namun diam-diam ia juga tertarik dengan dunia balap mobil.

Mobil yang digunakan Takumi Fujiwara adalah Toyota Sprinter Trueno AE86 keluaran tahun 80an. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.600 cc RWD. Initial D mengambil latar di jalanan pegunungan Akagi di Jepang yang sempit dan menukik tajam. Di jalanan yang sempit dan menukik, Initial D sering mempertontonkan adegan drifting yang menjadi adegan populer di serial ini.

Speed Racer

Speed Racer
Sumber gambar: Tv Tropes

Animasi Jepang lawas keluaran 60an ini bercerita tentang Go Mifune, seorang pebalap mobil profesional. Bersama dukungan orang sekitarnya, Go Mifune selalu berusaha menjadi pebalap mobil nomor satu. Serial animasi Speed Racer lebih dikenal dengan judul Mach GoGoGo di Jepang.

Desain mobil dan artwork pada animasi ini sangat klasik dan ikonik. Saking ikoniknya, Speed Racer diadaptasi menjadi serial animasi Amerika dan live action yang menyita banyak perhatian karena desain mobilnya yang nyentrik.

eX-Driver

Ex-Driver
Sumber gambar: Zerochan

eX-Driver bisa dibilang salah satu animasi Jepang yang memprediksi masa depan dengan cukup eksentrik. Pertama kali ditayangkan tahun 2000, eX-Driver bercerita tentang mobil masa depan dengan teknolog artifical intellegence (AI). Karena berbekal AI, mobil-mobil tersebut mampu berjalan sendiri tanpa pengemudi. Sayangnya, mobil-mobil ini seringkali lepas kendali.

Lorna Endo, sebagai salah satu eX-Driver bertugas untuk mengejar mobil AI yang lepas kendali. Bermodal Lotus Europa bermesin manual tanpa teknologi AI , Lorna siap menjinakkan mobil AI di tengah jalanan Jepang. Balap-balapan seru ala cyberpunk pun tak dapat dihindari.

Sebagai informasi, Lotus Europa benar-benar ada loh! Lotus Europa merupakan series keluaran Lotus Cars tahun 60an. Lotus Car adalah pabrikan mobil asal Inggris. Lotus Europa disokong mesin Renault 16 berkapasutas 1.470 cc inline-four dan empat percepatan manual. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 82 hp.

Wagan Midnight

Wagan Midnight
Sumber gambar: Drive Tribe

Akio Asakura, seorang siswa SMA sekaligus seorang pebalap liar di malam hari kalah oleh rivalnya, Tatsuya Shima. Akio yang merasa malu akhirnya menemukan “Devil Z” Nissan Fairlady Z yang nantinya menjadi tunggangan utama ketika ia sukses mengalahkan rivalnya.

Mobil sport ini pada awalnya diperkenalkan pada tahun 1969 sebagai Fairlady Z, ditenagai oleh mesin Nissan L20 berkapasitas 2.0 liter straight-six yang mengeluarkan tenaga 130 hp. Selain diadaptasi menjadi animasi, Wagan Midnight juga diadaptasi menjadi live action dan franchise game.

Wagan Midnight mengambil latar tempat di Tokyo, tepatnya tol Shuto yang lebih populer dengan nama Rute Wagan. Rute Wagan merupakan rute jalan tol terpanjang di Jepang dan memiliki jalan yang lurus. Rute ini menghubungkan selat Tokyo dan beberapa pulau buatan di sekitarnya.

Rute Wagan sering dilalui truk berat. Karena itu, Wagan Midnight menyajikan adegan balap mobil liar di malam hari yang jalan beriringan dengan truk-truk besar. Wah, sepertinya cukup menegangkan dan tak kalah serunya dengan Initial D!

Sekian rekomendasi animasi balap mobil Jepang versi momobil. Sahabat momobil pilih yang mana?

Sumber gambar: IST

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas