Mobil Keluarga Jadul yang Bikin Kamu Ingat Manisnya Masa Sekolah

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

03 Sep 2019

momobil.id - Bagi generasi yang tumbuh besar di tahun 90an pasti ingat dengan mobil keluarga jadul yang sering lalu lalang di jalan raya. Katanya sih, kalau punya mobil ini biasanya anak orang kaya. Seiring zaman, mobil ini kian jarang ditemui di jalanan karena kalah saing dengan mobil baru yang lebih modern. Bagi kamu yang sudah mulai dewasa (baca: tua) dan ingin bernostalgia, momobil telah merangkum daftar empat mobil yang cukup populer di era 90an.

Isuzu Panther

Isuzu Panther
Sumber gambar: Wikipedia

Generasi pertama Isuzu Panther dikembangkan sekitar tahun 1991-1996. Hingga tahun 2000an, Isuzu Panther pernah mengalami era keemasan. Pada masa itu, rata-rata mobil menggunakan mesin bensin, sementara Isuzu Panther percaya diri dengan menggunakan mesin diesel. Isuzu Panther kala itu juga bersaing ketat dengan Toyota Kijang.

Dengan mesin diesel berkode c223 berkapasitas mesin 2238 cc OHV berteknologi indirect injection, Isuzu Panther laris manis digunakan sebagai mobil keluarga karena ruangnya yang cukup luas dan muat banyak.

Toyota Kijang LGX

Toyota Kijang LGX
Sumber gambar: Wikipedia

Toyota Kijang LGX dijuluki Kijang kapsul karena bentuknya yang panjang dan sedikit ada lengkungan di bagian belakang. Mobil ini merupakan pesaing utama dari Isuzu Panther. Toyota Kijang LGX mengusung mesin 2.0 liter injeksi, yang mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 105 hp pada 4.800 rpm dengan torsi 161Nm@2.800RM.

Sebagai mobil keluarga dengan panjang sekitar 4,2 meter, Kijang kapsul mampu menampung tujuh orang dewasa dan bagasi belakangnya pun cukup luas.

Suzuki Escudo

Suzuki Escudo
Sumber gambar: Wikipedia

Suzuki Escudo memiliki kembaran, yaitu Suzuki Vitara. Suzuki Vitara merupakan SUV compact dengan penggerak 4X4, sementara Suzuki Escudo menggunakan penggerak 2X2. Meski lebih sederhana, Suzuki Escudo tetap laku karena sedikit lebih murah dari Suzuki Vitara. Compact SUV yang mungil namun bandel ini mampu memuat hingga lima orang dewasa.

Mengusung mesin G16A 1,6 L SOHC 16 katup empat silinder, Suzuki Escudo memiliki kapasitas mesin 1600cc dan tenaga maksimal sebesar 85 HP @6.000 RPM.

Mitsubishi Kuda

Mitsubishi Kuda
Sumber gambar: Wikipedia

Pada tahun 1997, Mitsubishi bekerjasama dengan China Motor Corporation guna mengembangkan dan meluncurkan Mitsubishi Kuda di pasar Indonesia. Di Vietnam, Mitsubishi Kuda juga dipasarkan dengan nama Mitsubishi Jolie. Generasi pertama Mitsubishi Kuda hadir dalam dua varian mesin, yaitu mesin bensin dan diesel.

Namun, di Indonesia yang tersedia hanyalah varian mesin bensin. Mesin ini memiliki kapasitas 1.6 liter yang masih menggunakan karburator dan dapat menyemburkan tenaga sebesar 114 HP pada 5.500 RPM.

Baca Juga: Suka koleksi mobil klasik Jepang? Sudah punya yang ini belum?

Meski beberapa mobil tersebut sudah mulai jarang terlihat di jalan raya saat ini, bukan berarti populasi deretan mobil keluarga jadul tersebut sudah punah. Selain kolektor, masih ada masyarakat yang menggunakan salah satu dari mobil tersebut untuk beraktivitas sehari-hari.

Sumber gambar: Wikipedia

  • MoKredit (Display)
  • mobil keluarga
  • Suzuki Escudo
  • Mitsubishi Kuda
  • Toyota Kijang LGX
  • Isuzu Panther

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More