Daftar Mobil Kepresidenan dari Era Bung Karno Hingga Jokowi

Ditulis oleh : Helen Birgitta | 16 August 2019

Daftar Mobil Kepresidenan dari Era Bung Karno Hingga Jokowi

momobil.id – Mobil kepresidenan yang digunakan oleh Presiden Republik Indonesia terus mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Pada awal kemerdekaan, mobil kepresidenan yang dipakai pertama kali oleh Presiden Soekarno adalah Buick-8 yang merupakan buatan pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors.

Setelahnya, mobil dinas Presiden beberapa kali mengalami perubahan, termasuk perubahan dari sisi fitur keamanannya. Menjelang perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 pada 17 Agustus 2019, momobil merangkum daftar mobil kepresidenan yang pernah dipakai oleh para Presiden Republik Indonesia mulai dari era Bung Karno hingga Jokowi. Selamat membaca!

Presiden Soekarno

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mobil kepresidenan pertama yang digunakan oleh Presiden Soekarno sebagai mobil dinas adalah Buick-8. Mobil ini diproduki terbatas oleh anak perusahaan General Motors (GM) dan sering disebut sebagai Limited-8.

Buick-8 yang digunakan Bung Karno merupakan mobil rampasan. Pada akhir tahun 1945, pemimpin Barisan Banteng di Jakarta, Sudiro, menemukan mobil Buick ini di garasi gedung Perhubungan depan stasiun Gambir. Mobil tersebut merupakan inventaris Kepala Jawatan Kereta Api yang saat itu dijabat oleh orang Jepang. Singkat cerita, Sudiro yang berasal dari Yogyakarta mengenal baik sopir mobil tersebut yang berasal dari Kebumen. Ia pun menjelaskan maksudnya agar diberikan kunci Buick-8 yang nantinya akan diserahkan pada Bung Karno.

Belakangan, mobil ini diberi plat Rep-1 sebagai tanda kepunyaan orang nomor satu di Indonesia. Adapun selain Buick-8, Bung Karno juga memiliki mobil lain buatan Amerika Serikat seperti Chrysler Windsor. Mobil ini digunakan oleh Bung Karno pada Konferensi Afrika-Asia (KAA) pada tahun 1955 di Bandung. Sebelum Bung Karno menggunakannya, mobil ini tercatat pernah digunakan oleh Jenderal Sudirman.

Mobil bersejarah lainnya yang pernah menemani perjalanan Bung Karno adalah Chrysler Imperial. Mobil pemberian dari Raja Arab Saudi, Saud bin Abdul Aziz, tercatat pernah dilempari granat pada kejadian yang dikenal dengan Peristiwa Cikini pada 1957.

Presiden Soeharto

Pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, juga terdapat beberapa mobil kepresidenan. Yang paling terkenal adalah Mercedes-Benz 500SEL Limousine 1987. Spesifikasi dan ketangguhan keamanannya sama dengan mobil dinas Ratu Elizabeth ll dan Presiden Bill Clinton. Dilapisi baja dan kaca mobilnya dilengkapi antpeluru setebal tiga inci.

Pada tahun 1995, Soeharto mengganti mobil dinasnya masih memakai merek Mercy, yaitu Mercedez-Benz S600 1994. Spesifikasi mobil ini tidak kalah dari tipe mobil dinas kepresidenan sebelumnya, yaitu memiliki kaca anti peluru, standar keamanan yang tinggi di bodi mobil, serta standar keamanan lainnya.

Presiden BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan SBY

Setelah Soeharto lengser, mobil Mercedez-Benz S600 masih digunakan oleh Presiden-presiden berikutnya sebagai mobil kepresidenan mulai dari Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie, kemudian Abdurahman Wahid atau Gus Dur, Megawati Soekarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Presiden SBY dan Jokowi

Jelang periode kedua masa kepemimpinan Presiden SBY, mobil kepresidenan dilakukan peremajaan. Mercedes-Benz S600 yang sudah dipakai sejak era Presiden Soeharto diganti dengan Mercedes Benz S600 Guard. Mobil ini dibeli sejak tahun 2007, namun baru digunakan untuk melakukan perjalanan dinas pada 2008. Mercedes-Benz S600 Guard mengantungi sertifikasi B6/B7 yang artinya memiliki tingkat keamanan tinggi. Mobil ini pun diwariskan kepada Presiden selanjutnya, yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan masih digunakan hingga saat ini.


Kembali ke atas