Daftar Pabrikan Mobil di Indonesia yang Melakukan Recall Sepanjang Semester I 2020

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 30 July 2020

Daftar Pabrikan Mobil di Indonesia yang Melakukan Recall Sepanjang Semester I 2020

momobil.id – Recall atau kampanye perbaikan merupakan hal yang lumrah dilakukan di industri otomotif. Sepanjang semester I 2020, sejumlah pabrikan mobil di Indonesia juga melakukan recall sebagai bentuk pertanggungjawaban atas masalah teknis yang bisa membahayakan pemilik kendaraan.

Penarikan kembali kendaraan disebabkan oleh malfungsi yang terjadi pada mesin, interior, ataupun komponen lainnya. Pemilik kendaraan yang terdampak dapat mengikuti program tersebut tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Berikut adalah daftar pabrikan mobil yang menyelenggarakan program perbaikan atau recall di Indonesia sepanjang semester I 2020 seperti dilansir Bisnis.com.

Baca juga: Cegah Sebelum Terlambat! Lima Hal Ini Bisa Mengakibatkan Ban Mendadak Meletus

Toyota

PT Toyota Astra Motor (TAM) harus melakukan penarikan kembali sejumlah unit kendaraan Toyota Alphard dan Vellfire, karena permasalahan pada sabuk pengaman atau seat belt kendaraan.

Untuk unit yang harus melakukan perbaikan ini, antara lain Alphard dan Vellfire yang diproduksi pada Agustus-September 2019. Toyota merekomendasikan para pemilik Alphard dan Vellfire tahun produksi yang disebutkan di atas untuk mengecek kendaraannya melalui berbagai saluran komunikasi yang disiapkan khusus demi memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Selain itu, pelanggan dapat juga mengunjungi laman resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam kampanye penggantian seat belt Alphard dan Vellfire tersebut.

Daihatsu

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merangkul “Sahabat MAXXIO” (komunitas GranMax Luxio Indonesia) dalam mengampanyekan program penarikan kembali komponen connecting rod pada mesin mobil Gran Max dan Luxio.

Hingga Juni 2020, ADM sudah menarik 9.043 unit kendaraan, atau sekitar 24 persen dari total 36.915 unit yang terlibat. Pencapaian itu cukup baik, karena target program itu adalah 30 persen sampai akhir tahun 2020.

Honda

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan recall komponen fuel pump yang melibatkan 85.025 unit dari beberapa model mobil Honda di Indonesia.

Model yang terkena recall meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019. Recall komponen fuel pump ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba fuel pump malfungsi.

Nissan

Nissan mengadakan kampanye perbaikan di Indonesia untuk mengganti pompa bensin pada produk All-new Livina yang diproduksi periode 22 Februari 2019 sampai dengan 24 Agustus 2019. Adapun kendaraan Nissan All New Livina yang terdampak recall sebanyak 9.314 unit dengan tahun produksi 22 Februari 2019 sampai dengan 24 Agustus 2019.

Mitsubishi

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia, mengumumkan program Field Fix Campaign untuk model Mitsubishi Xpander.

Kampanye perbaikan digelar guna memeriksa dan mengganti komponen Fuel Pump, melibatkan 139.111 unit Xpander tahun produksi 2017 – 2019. MMKSI menyebutkan berdasarkan investigasi, fuel pump di dalam tangki bisa berhenti beroperasi, sehingga berpotensi mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.

Selain Xpander, MMKSI juga mengumumkan program kampanye perbaikan (recall) atau “Field Fix Campaign” untuk model Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport dan Delica.


Kembali ke atas