Daftar Perbedaan Toyota Rush Tipe G dan TRD Sportivo

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 January 2021

Daftar Perbedaan Toyota Rush Tipe G dan TRD Sportivo

momobil.id – Sebagai salah satu model Low SUV favorit, Toyota menawarkan dua varian Rush di Indonesia yakni tipe G dan TRD Sportivo. Toyota Rush varian TRD Sportivo dan varian G tentu memiliki beberapa perbedaan yang terlihat dari beberapa sisi.

Perbedaan pertama yang langsung terlihat antara Toyota Rush varian TRD Sportivo dan tipe G tentu dari banderol harganya. Varian G dibanderol Rp255,2 juta untuk transmisi manual dan Rp265,2 juta untuk transmisi matic. Sementara Rush TRD Sportivo manual banderolnya Rp266,6 juta, sedangkan transmisi matic berbanderol Rp 276,6 juta.

Tapi lebih dari itu, keduanya sama-sama menggendong mesin 1.500 cc, yang bertenaga 102 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm.
Nah bagi Anda yang hendak membelinya, namun belum mengetahui secara pasti perbedaan dua varian Toyota Rush, berikut rincian perbedaannya seperti dilansir kumparan.

Eksterior

Secara tampilan luar, keduanya sebenarnya mudah dibedakan. Toyota Rush TRD Sportivo sesuai namanya terlihat lebih sporty berkat penambahan kosmetika body kit. Dari depan berupa housing lampu kabut ditambah guratan garis merah pada underguard silver, kemudian side body moulding pada sisi samping, lalu belakang ada tambahan tarikan garis merah pada bumper-nya.

Tak lupa ada beberapa penyematan decal maupun emblem TRD Sportivo guna mempertegas varian. Utamanya pada pintu tengah dan pintu samping.
Maka dari itu, tipe ini cocok buat Anda yang mau mobil dengan tampilan yang lebih atraktif. Namun begitu tak ada salahnya jika Anda suka dengan mobil yang tidak terlalu neko-neko.

Velg dan ban

Selanjutnya soal roda. Meski sudah sama-sama mengusung velg dengan tema two tone, nyatanya desain keduanya berbeda. Selain itu untuk tipe G menggunakan profil ban 16 inci 215/65 GT Radial Savero, sedangkan TRD Sportivo ukurannya 17 inci 215/60 menggunakan ban besutan Bridgestone Alenza.

Interior

Kemudian masuk ke sisi interior. Secara umum keduanya punya nuansa yang serupa. Desain dashboard-nya menyiratkan huruf T dengan warna kombinasi hitam dan putih. Tapi jika jeli ada perbedaan yang mencolok. Ya, pengaturan AC khusus tipe G berupa tombol pencetan seperti Avanza terbaru, sementara TRD Sportivo berupa kenop putar.

Perbedaan lainnya ada pada letak power outlet. Untuk tipe G hanya tersedia pada dashboard, sedangkan TRD Sportivo tiap baris memiliki sumber colokan untuk mengisi daya gawai. Selebihnya semua mirip, sama-sama punya AC double blower, tombol starter, jok 7-penumpang, head unit layar sentuh, setir bisa tilt, sampai tombol pengaturan audio pada setir.

Baca juga: Lima Model Mobil Bekas yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2020

Fitur keselamatan

Menariknya baik tipe G dan TRD Sportivi tidak memiliki banyak perbedaan dari sisi keselamatan. Semuanya sudah dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan seperti:

1. Hill Start Assist
2. Airbag 6 titik
3. Vehicle Stability Control
4. Kamera mundur
5. ABS, EBD, BA

Satu yang jadi pembeda adalah tipe TRD Sportivo punya fitur keyless entry. Jadi sistem pengunciannya hanya perlu menekan tombol hitam di pintu. Sedangkan tipe G masih harus lewat remotnya.

Fitur tambahan

Terakhir menyoal utilitas lain pada mobil ada pada fitur tambahan. Toyota Rush TRD Sportivo ditambahkan lampu otomatis, kemudian head unit layar sentuh yang terkoneksi miracast atau ipod/iphone, lalu 8 speaker.


Kembali ke atas