Daftar Pilihan Mobil Matic Seken Tahun Muda, Ada Apa Saja?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 26 February 2021

Daftar Pilihan Mobil Matic Seken Tahun Muda, Ada Apa Saja?

momobil.id – Ketika sedang berburu mobil bekas bertransmisi matic, beberapa orang tak mempermasalahkan tahun pembuatan mobil yang diincarnya. Asalkan mobil masih dalam kondisi bagus dan rutin mendapat perawatan. Namun ada juga yang memilih membeli mobil bekas transmisi matic dan tahun pembuatannya masih terbilang muda.

Mencari mobil bekas transmisi matic tahun muda boleh dibilang gampang-gampang susah. Hal ini karena tergantung bujet yang dimiliki oleh calon pembeli serta harga pasaran dari model mobil yang diinginkan. Bila tak mempermasalahkan model, maka mobil di kelas LCGC maupun city car bisa menjadi pilihan.

Misalnya, Daihatsu Ayla rakitan 2017-2019, kisaran harga pasarannya saat ini sekitar Rp88 jutaan sampai Rp100 jutaan, tergantung tipe yang dipilih. Sedangkan saudara kembarnya yakni Toyota Agya, untuk kisaran tahun yang sama harganya kini sekitar Rp100 jutaan, tergantung tipe yang dipilih. Namun jika tak masalah dengan rakitan di bawah tahun 2017, harganya tentu bisa lebih murah baik Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya.

Pilihan lainnya, ada Honda Brio yang dinobatkan sebagai mobil terlaris tahun 2020. Harga Brio di pasar mobil bekas cenderung stabil, dan penurunan harganya tidak teralu jauh. Misalnya, Honda Brio tipe RS rakitan 2019 transmisi matic, ada yang ditawarkan seharga Rp165 juta. Sedangkan Brio Satya E tahun 2019, ada yang ditawarkan seharga Rp145 juta.

Jika harga tersebut masih dirasa terlalu tinggi, mungkin bisa mencari Brio yang tahunnya lebih tua yakni di bawah 2017. Misalnya Honda Brio tahun 2015, ada yang dibanderol Rp95 juta atau Rp104 jutaan, tergantung kondisi mobil.

Selain LCGC dan city car, apakah ada pilihan lain? Tentu saja ada. Toyota Avanza mungkin bisa menjadi opsi berikutnya. Sebagai gambaran, Toyota Avanza Veloz 1.5 rakitan 2016, harganya kini dibanderol Rp130 jutaan. Sedangkan untuk tahun yang lebih muda, tentu harganya lebih tinggi. Misalnya Avanza 1.3 E A/T tahun 2020 kini harganya masih berkisar Rp160 jutaan.

Sementara di kelas hatchback, harga pasarannya masih cukup tinggi dibanding tiga model di atas. Misalnya, Honda Jazz tahun 2016, harganya kini masih berkisar Rp170 jutaan hingga Rp190 jutaan. Begitu juga Toyota Yaris, harga sekennya untuk tahun 2017 berkisar Rp170 jutaan.

Baca juga: Pilih-pilih Mobil Baru Transmisi Matic di Bawah Rp200 Juta

Nah, model apa yang kira-kira akan dipilih? Hal itu tergantung kebutuhan dari tiap calon pembeli. Jika membutuhkan mobil yang bisa mengangkut banyak orang, membeli mobil seken di kelas MPV merupakan solusinya. Namun jika bujet cukup terbatas, mobil seken di kelas LCGC dan city car mungkin bisa menjadi pilihan. Sedangkan mobil seken di kelas hatchback mungkin lebih cocok bagi mereka yang sebelumnya sudah memiliki mobil dan ingin upgrade, namun enggan membeli unit barunya karena harganya masih tinggi.


Kembali ke atas